Tidak Lama Lagi Luwu Punya Penggilingan Padi

0 Komentar

UPOS, Luwu– Bupati Luwu, Basmin Matttayang meminta kepada semua pihak yang terkait, agar memudahkan ijin para investor yang ingin menanamkan modalnya di Luwu apalagi penggilingan padi yang memang sedang dibutuhkan.

Hal tersebut dikatakan Basmin Mattayang saat ekspose PT. Mutiara Pantilang di ruangan Bupati Luwu, Rabu (21/11).

“Saya menghargai dan menyambut baik rencana pembangunan pabrik penggilingan gabah di Tana Luwu, namun yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah menyangkut perizinan, Amdal dan tambahan izin lainnya, ”kata Basmin.

Ditambahkan Bupati, bahwa mengingat masalah yang ada di Luwu ini, bukan hanya gagal panen atau hama, tapi juga kurangnya peralatan yang bisa mengjangkau pekerjaan para petani,  juga menjadi masalah.

Pengusaha, Haji Kadar yang memberikan penjelasan di hadapan Bupati Luwu dan para Dinas terkait mengatakan sebagai putra daerah yang besar diperantuan ingin kembali ke daerah untuk memberi hal yang dibutuhkan oleh masyarakat Luwu.

“Yang sangat melatar belakangi sehingga saya membangun pabrik penggilingan padi, ini karena saya sangat miris ketika pulang kampung pada musim panen para petani menjual gabahnya keluar Luwu dan hasil berasnya kembali ke Luwu untuk dijual ke masyarakat, ”ujarnya.

Sementara itu, PT. Mutiara Pantilang rencananya akan membangun pabrik penggilingan gabah dengan menggunakan mesin canggih, cara proses pengolahan gabah menjadi beras dapat dilakukan satu kali proses.(*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment