Begini Resep Wakil Bupati Lutim Agar Desa Cepat Maju

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam meminta Pemerintah Desa tidak akal dalam membangun desa. Adanya anggaran desa harus membuat lebih kreatif melahirkan inovasi.Sehingga tujuan untuk menyejahteterakan masyarakat dan mewujudkan desa mandiri bisa tercapai. Demikian kata Irwan saat menghadiri HUT ke – 72 Desa Beringin Jaya Kec. Tomuni ,Kamis (21/11/2019)

Menurut Irwan, untuk mendongkrak perekonomian desa ada Badan Usaha Milik Desa (BUMD). Lewat BUMD ini pemerintah desa bisa merancang apa yang harus di bangun dan dikembangkan di desa masing-masing. Tentunya yang paham apa yang dibutuhkan oleh desa dan paham apa saja potensi desa adalah warga desa setempat.

Irwan menyarankan Dana Desa yang sudah bertahun -tahun mengalir ke desa tidak mesti dipakai untuk membangun infra struktur fisik. Serahkan program fisik itu kepada anggota dewan yang menjadi wakil kita di DPRD.

” Untuk fisik biarkan anggota dewan yang perjuangkan di DPRD,  tugas pemerintah desa melahirkan inovasi baru yang bisa mendongkrak kemajuan desa ” Ujar Irwan

Irwan mengatakan hal ini karena saat ini dominan dana desa itu dipakai membangun jalan, jembatan yang ada di desa. Sehingga dari tahun ketahun hanya jalan saja yang terbangun. Padahal pemerintah Lutim itu menginginkan ada perubahan disektor lainnya ditingkat desa.

Lewat momen ulang tahun ini, Irwan mengajak mari kita merubah cara pandang dan cara pikir kita dalam mewujudkan desa yang maju dan mandiri, gunakan potensi desa untuk dikelola dengan baik

“Harapan saya Desa Beringin Jaya ini akan tampil sebagai desa percontohan di Lutim ” Tandas Irwan (UjungpandangPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment