Jaga Kerukunan Umat Bergama, Ini yang Dilakukan Satgas Yonif 721 di Punjak Jaya

0 Komentar

UPOS, Papua – Apa yang dilakukan oleh prajurit Satgas Yonif 721/Makkasau di wilayah penugasan Papua, layak dijempol.

Senjata yang ditentengnya, tidak digunakan untuk menakuti, apalagi menyakiti rakyatnya. Kendati demikian, pasukan loreng ini mampu menjadikan wilayah tempat mereka bertugas tetap dalam kondisi aman dan kondusif.

Seperti yang dilakukan oleh Praka Ihsan Ali Pratama dan beberapa anggota Satgas Yonif 721/Mks lainnya. Mereka ini mendapat tugas melaksanakan pengawalan dan pengamanan terhadap personil yang beragama Nasrani di Gereja GKI Bethel Mulia.

Disela-sela kegiatan pengamanan, Tim Waltis Satgas Yonif 721/Mks yang dipimpin oleh Dantim Waltis, Letda Inf Rasli mengisi waktunya dengan berinteraksi bersama masyarakat sekitar.

Mereka mengisi waktunya dengan mengajarkan membaca dan menghafal ayat-ayat Al Qur’an kepada anak-anak yang berada disekitar Masjid Mujahidin Mulya Kabupaten Puncak Jaya. Masjid tersebut letaknya tak jauh dari Gereja GKI Bethel Mulia.

Hal tersebut mendapat sambutan positif dari Abd Mannan selaku Ketua di masjid itu.

Bukan hanya Abd Mannan, masyarakat lainnya khususnya anak-anak sekitar masjid mengaku senang dengan kehadiran anggota TNI yang membantu mereka belajar mengaji.

Dansatgas Yonif 721/ Mks, Letkol Inf Andi Wicaksono Wibowo SIP yang dikonfirmasi, Selasa (5/11/2019) mengatakan, disamping tugas tempur, mereka juga melaksanakan operasi teritorial, salah satunya adalah mengajar mengaji.

Itu diakuinya sudah menjadi program dari Satgas Pamtas Penyangga Yonif 721/Mks.

Letkol Inf Andi Wicaksono berharap, apa yang dilaksanakan oleh Satgas dibawah pimpinannya bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar Satgas.

“Hampir setiap Minggu kegiatan ini, selain untuk mengajar baca Al Qur’an untuk anak-anak, juga untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada anak-anak khususnya masyarakat wilayah Mulia Kabupaten Puncak Jaya dengan hadirnya TNI di tengah-tengah masyarakat,” tutur Wicaksono.

Apa yang diprogramkan Satgas Yonif 721/Mks, ternyata mendapat dukungan dari pemerintah daerah. Sebab, selain memberikan rasa aman dan nyaman, kehadiran TNI di kampung mereka juga dapat memberikan hal-hal positif bagi masyarakat sekitar Puncak Jaya.(Tiara)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment