Kompak, Dandim Palopo dan Toraja Ajak Anggota Tes Ketangkasan

0 Komentar

UPOS, Palopo– Olahraga bersama personil Kodim 1403/Sawerigading dan Kodim 1414/Tator berlangsung di lapangan Gaspa, Kota Palopo, Kamis (10/10).

Olahraga ketangkasan yang dikemas dalam kegiatan Samapta Periodik tahun 2019 ini juga melibatkan personil Kipan C Yonif 721/Mks dan
Balak Aju se-jajaran Dim 1403/Swg.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut, setiap prajurit diwajibkan mengikuti tes kesegaran jasmani yang dipantau langsung oleh Tim Jasrem 142/Tatag.

Diantaranya lari 12 menit mengelilingi lapangan Gaspa, dilanjutkan dengan tes Pull Up, Push Up, Sit Up, Lunges, Shutle Run dan renang. Namun sebelumnya, peserta diwajibkan mengikuti cek kesehatan yang dilakukan oleh Tim Medis Rumah Sakit Tentara Palopo.

Dandim 1403/Swg, Letkol Inf Gunawan mengatakan, kegiatan samapta periodik dilaksanakan dua kali setahun atau setiap semester.

“Ini dilaksanakan dalam rangka mendata kemampuan kesemaptaan prajurit. Kalau mereka lulus berarti mereka selalu menjaga fisiknya dengan olahraga, “ujar Gunawan.

Dengan mereka lulus, kata Gunawan lagi, berarti mereka sehat dan siap bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai prajurit.

Senadah juga disampaikan oleh Dandim 1414/Tator, Letkol Letkol Czi Zaenal Arifin. Menurutnya, pelaksanaan garjas samapta itu penting untuk memacu diri setiap prajurit agar selalu membina fisiknya dengan berolahraga secara teratur, sesuai dengan irama gerak olah tubuh masing- masing prajurit.

“Agar terjaga badan kita menjadi sehat melalui kegiatan olahraga secara teratur. Toh pada gilirannya manfaat olahraga itu akan kembali ke diri masing masing,” sebutnya.(Ujungpandang Pos/Tiara)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment