Komisi V DPR RI Kunjungi Palopo, Ini Alasannya

oleh

UPOS, Palopo– Guna melihat langsung kondisi rencana lokasi pembangunan Terminal Tipe A Dangerakko dan Terminal Peti Kemas Pelabuhan, Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kota Palopo, Jumat sore (26/1/18).

Didampingi Walikota Palopo, Judas Amir, Asisten II Pemkot Palopo, Taufiq, Kadis PUPR Kota Palopo, Antonius Dengen, Kadis Perhubungan Kota Palopo, Andi Farid Baso Rahim, Kabag Humas Pemkot Palopo, Eka Sukmawty, rombongan Komisi V DPR RI berkunjung ke Kel. Songka, Kec. Wara Selatan melihat kondisi lokasi pembagunan terminal Dangerakko.

Usai melihat lokasi rencana pembagunan Terminal Dangerakko, rombongan langsung meninjau lokasi Terminal Peti Kemas yang berada di Pelabuhan Tanjung Ringgit, Kecamatan Wara Timur.

“Selain sebagai kota tujuan atau daerah tujuan, Palopo juga merupakan daerah lintas angkutan provinsi dari Makassar ke Poso, Kendari ke Manado, melalui jalur darat, sehingga kebutuhan terminal besar sudah sangat perlu, ”jelas Anggota Komisi V DPR RI, Barhum Daido.

Lanjut Bahrum, keberadaan terminal ini juga merupakan pintu gerbang masuk ke Palopo. Dimana nantinya, akan menjadi titik pusat perputaran jalur angkutan dalam Kota.

“Dan tentunya akan memudahkan transportsi masyarakat di kawasan selatan Kota Palopo, serta akan mempengaruhi pembangunan di wilayah selatan Kota Polopo, ”tambah Bahrum.

Walikota Palopo, Judas Amir dihadapan para Anggota Komisi V dan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setyadi menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Palopo saat ini selain mengharapkan pembangunan terminal besar tersebut, dirinya juga mengharapkan adanya pembahasan terkait pembangunan jalan lingkar luar Kota Palopo, dari Sampoddo ke Pelabuhan Tanjung Ringgit.

“Keberadaan jalan lingkar itu, tentunya akan sangat membantu, karena jalan satu satunya dari arah selatan gerbang Kota Palopo selain agak sempit juga melewati beberapa pegunungan yang ketika terjadi sesuatu akan tentunya akan menutup akses, baik dalam Kota Palopo, maupun wilayah lain yang ada disekitar Kota Palopo, ”ungkap Judas.(Ardianto Palla)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *