DPUPR Lutra Gelar Pelatihan Ini

oleh
DPUPR Kab. Luwu Utara bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar Kementerian PUPR menyelenggarakan pelatihan.(Foto : Hms) pemberdayaan kepada Penyedia bidang jasa konstruksi.

UPOS, Luwu Utara– Sesuai amanat UU No 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi bahwa setiap tenaga kerja konstruksi yg bekerja dibidang jasa konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja. Memenuhi ketentuan tersebut DPUPR Kab. Luwu Utara bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar Kementerian PUPR menyelenggarakan pelatihan pemberdayaan kepada penyedia bidang jasa konstruksi.

Sebanyak 60 peserta pelatihan mengikuti pelatihan dan sertifikasi, masing-masing 30 orang dalam pelatihan Pelaksana Saluran Irigasi dan 30 Orang pelatihan SMK3. Kegiatan ini dilaksanakan
selama 3 hari, yakni 29 April- 1 Mei 2019 bertempat di Hotel Bukit Indah Masamba untuk materi kelas dan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan di lokasi kerja pembangunan jaringan Irigasi DI, Baliase.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Luwu Utara, Syamsul Syair selaku Ketua Tim Pembina Jasa Konstruksi daerah Kab. Lutra dalam sambutannya mewakili Bupati Lutra mengatakan peningkatan tenaga kerja konstruksi yg bersertifikat merupakan salah satu tantangan pembinaan jasa konstruksi kedepan. Revolusi Industri 4.0 menuntut kesiapan sumber daya manusia bidang jasa konstruksi yang kompeten. Selain hal tersebut yang harus menjadi perhatian utama adalah keselamatan kerja sesuai target zero accident dalam pekerjaan konstruksi, sebab kecelakaan kerja tidak hanya merugikan penyedia dan pengguna tetapi juga masyarakat penerima manfaat.

“Pemerintah daerah berharap pelatihan dan sertifikasi ini dapat meningkatkan kompetensi dan daya saing SDM bidang konstruksi yg pada akhirnya dapat mendongkrak produktivitas dan kinerja pembangunan infrastruktur di Kab. Lutra, “ujar Syamsul.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan Jabfung Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Hasan Basri, Kadis PUPR Kab Luwu Utara, Suaib Mansur, instruktur dan narasumber pelatihan dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar dan para pimpinan SKPD lingkup Pemda Kab Luwu Utara.(Rls Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *