Dari Media Gathering , Terungkap Husler Sukses Memimpin Luwu Timur

0 Komentar

UPOS, Luwu Timur – Bupati Luwu Timur, Muhammad Thorig Husler ternyata berhasil memimpin Luwu Timur, ini terugkap dalam capaian kinerja yang dipaparkan OPD saat menggelar Media Gathering dengan insan pers di Warkop Patimpa, Desa Ussu Kecamatan Malili , Minggu ( 22/12/2019 ) malam. Hingga Desember 2019 ini capaian masing-masing dinas sudah datas 75 persen.

Media Gahthering ini di pimpin Sekda Luwu Timur, Basri Suli, di dampingi Masdin kadis Kominfo dan Asisten III Askar. Para Kepala SKPD juga hadir dalam pertemuan tersebut. Menurut Basri Suli, Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur ini tidak terlepas dari meningkatkan kinerja OPD dalam mewujudkan visi dan misi Bupati yang dituangkan dalam KP1.

Menurut Bahri Suli untuk menilai standatar keberhasilan sebuah pemerintahan itu tidak diukur seberapa banyak gedung megah dibangun, seberapa besar APBD di hasilkan . Melainkan dilihat dari Indek Pembangunan Manusia.

Selama Husler menjadi Bupati, BPS merilis, IPM Luwu Timur malah melebihi IPM Nasional. IPM Nasional 71,39 . IPM Regional 70,19 sedangkan Luwu Timur 72,16. ” Data ini bukan pemerintah Luwu Timur yang terbitkan melainkan BPS yang sudah terintegrasi datanya secara Nasional ” Ujar Bahri Suli

Tentunya Komponen penilaiannya didasarkan pada Komponen Pembentuk IPM itu sendiri yang terdiri dari Angka Harapan Hidup, Harapan Lama Sekolah, Rata-Rata Lama Sekolah, Partisipasi Daya Beli, Indeks Kesehatan, Indeks Pengeluaran.

Menurut Data dari BPS, Angka Harapan Hidup di Indonesia secara Nasional 71,20. Sulawesi Selatan 70,08 Dan Luwu Timur berada di 70,03.

Angka Harapan Lama Sekolah , Secara Nasional 12,91 , Sulawesi Selatan 13,04 dan Luwu Timur 12,81
Untuk Rata-Rata Lama Sekolah secara Nasional 8,17 , Sulawesi Selatan 8,02 dan Luwu Timur 8,45 Sehingga IPM kita terbentuk 72,16. Jika berhitung dari tingkat Kabupaten di Sulsel Luwu Timur masih yang terbaik.

Bahri Suli juga mengakui Capaian Dinas dalam mewujudkan KP1 Bupati Luwu Timur, sudah sangat memuaskan. Salah Satu contoh, di Sektor Pendidikan, dalam KP1 Bupati, Pembangunan RKB ditargetkan sebanyak 273 yang terealisasi 203 RKB, atau sekitar 75,72 persen.

Mobiler dari 451 Paket yang ditargetkan terealisasi 379 Paket, sekitar 88,43 persen. Demikian juga dengan Seragam Sekolah Gratis yang berjumlah 11.350 siswa tuntas semuanya. Belum lagi di Dinas Pertanian, sudah over target. Selain itu Inovasi -Inovasi yang dilakukan oleh SKPD juga mendukung capaian KP1 ini. Seperti di Dinas Lingkungan Hidup dan BKPSDM. Ini sangat berdampak buat Luwu Timur.

” Jika saat ini sduah mencapai diatas 75 Persen maka sisa 25 persen itu saya pikir akan tuntas diakhir masa Jabatan Bupati nanti ” Pungkas Bahri Suli.

Bahri Suli juga meluruskan, jangan membandingkan besaran APBD Lutim dengan kabupaten Bone yang sudah 2T. Sebab kabupaten Bone itu dana DAU nya besar lantaran daerah tersebut tidak mekar seperti Luwu Raya. Sehingga Kab Bone dari Luas Wilayah, Jumlah Pegawai dan jumlah masyarakatnya sudah pasti lebih banyak dari Luwu Timur, makanya alokasi dana Daunya banyak ketimbang Kita di Lutim.

Luwu Timur dengan usianya belum cukup 20 tahun, sudah bisa bersaing dengan kabupaten-kabupaten lainnya di Sulsel . Dengan APBD 1,5 T jika kita maksimalkan pendapatan daerah kita , kedepan akan pasti meningkat bisa jadi melebihi lagi.

” Saya yakin kedepan nanti semua OPD akan meningkatkan lagi kinerjanya, karena selama ini kita sudah membangun banyak sarana sehingga kedepan sektor retribusi akan digenjot untuk menambah PAD Lutim ” Tandas Bahri

Menurut Masdin, Kadis Kominfo , Media Gathering ini dilakukan pemerintah Luwu Timur kepada insan Pers untuk menggambarkan kondisi Luwu Timur menjelang tutup tahun. Dimana Pemerintah Lutim sangat membutuhkan Pers sebagai mitra kerja dalam hal penyebaran informasi kepada masyarakat.

” Lewat wadah inilah para wartawan bisa bertanya dan meminta data kepada pemerintah terkait apa saja yang sudah dilakukan selama kepemimpinan Husler saat menjadi Bupati Lutim ” Kata Masdin

Bahkan setelah dari Media Gathering ini Dinas Kominfo akan mengaktifkan ruang media centre  kominfo, dimana setiap tiga bulan sekali kepala SKPD akan memaparkan capaian mereka di OPD masing-masing.

( UjungpandangPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment