Tindakan Tegas Aparat Buat Warga Lutim Sadar Pakai Masker

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur – Bupati Luwu Timur Muhammad Thorig Husler menyambut baik penegakkan kedisiplinan protokol kesehatan yang dilakukan aparat gabungan . Hal tersebut dianggap bisa menyadarkan warga untuk mencegah penularan Virus Covid-19 . Demikian disampaikannya saat memimpin Rakor Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan yang diselenggarakan di Aula Rumah Jabatan Bupati, Jumat (18/09/2020 ) .

Menurut Husler apa yang dilakukan aparat gabungan tersebut upaya untuk menindaklanjuti Peraturan Bupati Nomor 32 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pengendalian dan Pencegahan Penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

” Ternyata tindakan tegas dari aparat gabungan ini cukup berdampak, warga sekarang sudah taat , jika keluar rumah warga sudah mengenakan masker . Ini pertanda ada kesadaran warga dan ini sebuah kemajuan buat kita di Luwu Timur . ” Ungkap Husler.

Selanjutnya Pemerintah Luwu Timur akan segera menerbitkan Peraturan Daerah terkait prorokol kesehatan yang didalamnya sudah memuat sanksi tegas bagi warga yang melanggar protokol kesehatan.

Kapolres Luwu Timur, AKBP Indratmoko sangat mendukung upaya Pemerintah daerah dalam menegakkan disiplin protokol kesehatan di masyarakat. Menurutnya, dengan adanya regulasi yang jelas, dalam hal ini Perda, akan sangat penting untuk penegakan disiplin protokol kesehatan.

” Landasan hukum dibutuhkan agar setiap tindakan anggota dilapangan tidak melanggar hukum. ” Tandas Kapolres.

Ketua KPUD Luwu Timur, Zainal mengatakan, pelaksanaan tahapan Pilkada serentak mulai pendaftaran hingga proses pemungutan suara di TPS akan dilakukan menggunakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan menyiapkan hand sanitizer sebagaimana amanat PKPU Nomor 10 Tahun 2020.

Sebagai Penyelenggara Pilkada, KPU mengaku sangat serius menerapkan protokol kesehatan. Olehnya dengan adanya regulasi yang diterbitkan pemerintah Luwu Timur , maka penerapan protokol kesehatan saat tahapan Pilkada berlangsung akan berjalan efektip.

” Mau tidak mau selama belum ada penundaan jilid dua, kita harus melaksanakan Pilkada ini ditengah pandemi Corona, Pilkada identik dengan pengumpulan massa, sementara aturan Covid-19 tidak menghendaki adanya kerumunan massa. Olehnya itu dengan adanya regulasi yang diterbitkan Pemerintah Luwu Timur, maka penerapan protokol kesehatan akan berjalan disiplin.

Rapat koordinasi dihadiri oleh Anggota DPRD, Harisah Suharjo, Sekda, Bahri Suli, Kapolres, AKBP Indratmoko, Kajari, Muhammad Zubair, Danramil Malili, Kapten Inf. Takdir, Kadis Kesehatan, dr. Rosmini Pandin, Kadis Kominfo, Masdin, Kasatpol, Indra Fawzi, Kepala Kesbangpol, Guntur Hafid, Ketua KPUD, Zainal, para Camat dan anggota Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu Timur. ( UjungpandangPos/***)

Penulis : ***
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment