PT PUL Sumbang APD, Begini Reaski Husler, Abang Lakukan Penetrasi,Zabur Tak Gugurkan Kewajiban

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur –  PT Prima Utama Lestari menyumbangkan sejumlah Alat Pelindung Diri untuk membantu Pemerintah Kabupaten Luwu Timur mencegah penularan Virus Corona di Luwu Timur. Sumbangan APD ini diserahkan di Rumah Jabatan Bupati Lutim oleh Humas PT PUL Andi Usman kepada Bupati Luwu Timur Muhammad Thorig Husler. Senin (20/04/2020 ) .

Jumlah APD yang disumbang tersebut langsung di catat oleh Muh.Zabur Kepala BPBD Lutim. terdiri dari 60 Pcs APD berupa baju, dan Masker 60 kotak isi 50 Pcs. Selain itu untuk desa Ussu 10 Baju APD dan 1000 Masker. Lantas Seperti apa reaksi Bupati Lutim saat menerima sumbangan tersebut ?.

” Terimakasih sudah menyumbang, tapi kenapa rekomendasi saya tidak kamu laksanakan, Kamu belum laksanakan rekomendasi kami ada apa ” Ujar Husler setelah menerima sumbangan tersebut dan masuk keruangan untuk mengikuti kembali vidcon dengan Gubernur Sulsel.

Selanjutnya giliran Amran Syam Ketua DPRD yang mempertanyakan keseriusan PT PUL melaksanakan Rekomendasi. Abang sapaan Amran Syam langsung masuk pada inti masalahnya. Kata Abang, apa yang kamu sudah lakukan setelah banjir itu, mana laporannya. Selanjutnya Abang meminta, PT PUL fokus pada Amdalnya, soal ada permasalahan di internal PT PUL itu bukan urusan Pemkab Lutim.” Tandas Abang.

Usman Menjawab, selaku Humas PT PUL, diakuinya PT PUL melakukan kesalahan dan kesalahan itu akan diperbaiki. Laporannya sementara di susun Kepala Tehnik Tambang. Apalagi kami ini ketat sekali diawasi.

Usman juga menerangkan, saat ini pimpinan perusahaan meminta pertanggung jawaban KTT PT PUL pak Ilham. Apa yang harus dia lakukan. Saya dianggap melawan PT PUL, Saya katakan saya tidak melawan saya melindungi PT PUL , tetapi jika tidak melakukan perbaikan apa bisa jalan karena semua orang bisa lihat. ” Masuk mi Bakratan sampai mi juga laporannya ke Walhi ” Kata Usman.

Apapun, kuncinya jika nanti sudah betul-betul melakukan perbaikan dan dibina oleh Pemerintah Luwu Timur kan selesai persoalan. Ia juga mengakui sudah membuat 11 sedimen pond, hanya saja karena curah hujan yang tinggi lumpur yang ada didalam terlalu tebal sehingga lolos. Kami juga sudah menggunakan sistem pompanisasi ” Tapi insa Allah setelah dibenahi nanti ini tidak akan bermasalah lagi .

Kepala BPBD Luwu Timur, Muh.Zabur mengatakan, meskipun ada sumbangannya, itu tidak menggugurkan kewajibannya untuk melaksanakan tanggung jawabnya sesuai yang tertuang dalam dokumen Amdal . ” Alhamdulillah sumbangannya kita terima, tapi bukan berarti itu menggugurkan kewajibannya apa mi sudah mi dikirim surat Pemkab Lutim sampai ke Menteri dan Gubernur Sulsel. ” Tutup Zabur . ( UjungpandangPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment