Inilah Amalan dan Doa Penarik Rezeki Dari Segala Arah Menurut Islam

oleh -128 Dilihat
oleh
Amalan dan Doa Penarik Rezeki Dari Segala Arah Menurut Islam
Amalan dan Doa Penarik Rezeki Dari Segala Arah Menurut Islam

UJUNG PANDANG POS – Rezeki adalah segala sesuatu yang Allah SWT berikan kepada hamba-Nya sebagai nikmat dan rizki. Rezeki tidak hanya berupa harta benda, tetapi juga kesehatan, kebahagiaan, ketenangan, ilmu, dan lain-lain. Allah SWT telah menjamin rezeki bagi setiap makhluk-Nya, namun ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kelapangan dan keberkahan rezeki, seperti amal perbuatan, doa, dan niat.

Islam mengajarkan kepada kita untuk selalu berusaha, bersyukur, dan berdoa dalam mencari rezeki yang halal dan baik. Ada beberapa amalan dan doa yang bisa kita lakukan untuk menarik rezeki dari segala arah menurut Islam, di antaranya adalah:

1. Takwa dan Tawakkal

Takwa adalah sikap hati yang senantiasa taat kepada Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. Tawakkal adalah berserah diri kepada Allah SWT dalam segala urusan dan percaya bahwa hanya Dia yang bisa memberi dan mengambil rezeki. Orang yang bertakwa dan bertawakkal akan mendapatkan rezeki yang luas dan berkah dari Allah SWT, sebagaimana firman-Nya:

Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS. At Thalaq: 3)

2. Istighfar

Istighfar adalah memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan. Dengan istighfar, kita mengakui kelemahan dan kekurangan kita sebagai manusia yang tidak sempurna. Istighfar juga merupakan salah satu cara untuk membersihkan hati dari sifat sombong, ujub, riya, dan lain-lain. Istighfar bisa membuka pintu rezeki yang tertutup karena dosa dan maksiat, sebagaimana firman-Nya:

Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun- niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. (QS. Nuh: 10-12)

3. Bersedekah

Sedekah adalah mengeluarkan sebagian harta yang kita miliki untuk membantu orang yang membutuhkan, seperti fakir miskin, yatim piatu, janda, dan lain-lain. Sedekah juga bisa berupa memberikan nasehat, ilmu, senyum, maupun doa yang bermanfaat bagi orang lain. Sedekah adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan bisa menambah pahala serta rezeki kita. Allah SWT berfirman:

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (QS. Al Baqarah: 245)

4. Membaca Surat Al-Waqi’ah

Surat Al-Waqi’ah adalah surat ke-56 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 96 ayat. Surat ini menceritakan tentang hari kiamat, kehidupan akhirat, dan golongan manusia di sana. Surat ini juga mengandung banyak hikmah dan keutamaan bagi orang yang membacanya. Salah satu keutamaan surat ini adalah bisa menarik rezeki dan menghindarkan dari kemiskinan. Rasulullah SAW bersabda:

Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, maka dia tidak akan ditimpa kemiskinan selama-lamanya. (HR. Al Baihaqi)

5. Membaca Surat Yasin dan Tabarak

Surat Yasin adalah surat ke-36 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 83 ayat. Surat ini disebut sebagai “hati Al-Qur’an” dan memiliki banyak keutamaan bagi orang yang membacanya. Salah satu keutamaan surat ini adalah bisa mempermudah segala urusan, termasuk rezeki. Rasulullah SAW bersabda:

Barangsiapa yang membaca surat Yasin pada malam hari dengan mengharap ridha Allah, maka Allah akan memudahkan baginya rezeki pada esok harinya. (HR. Ad Darimi)

Surat Tabarak adalah surat ke-67 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 30 ayat. Surat ini juga dikenal dengan nama Surat Al-Mulk, yang artinya kerajaan. Surat ini menceritakan tentang kekuasaan dan kebesaran Allah SWT sebagai Pencipta dan Pengatur alam semesta. Surat ini juga memiliki banyak keutamaan bagi orang yang membacanya. Salah satu keutamaan surat ini adalah bisa melindungi dari siksa kubur dan menambah rezeki. Rasulullah SAW bersabda:

Surat Tabarak adalah penghalang, surat Tabarak adalah penyelamat, surat Tabarak melindungi dari siksa Allah. (HR. At Tirmidzi)

6. Mendatangi Masjid

Masjid adalah rumah Allah SWT di muka bumi, tempat umat Islam melaksanakan sholat berjamaah, belajar ilmu agama, dan berinteraksi dengan sesama muslim. Masjid juga merupakan tempat yang penuh dengan berkah dan rahmat Allah SWT. Orang yang sering mendatangi masjid akan mendapatkan keutamaan dan kebaikan yang banyak, salah satunya adalah rezeki yang berlimpah. Rasulullah SAW bersabda:

Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk mendatangi salah satu rumah Allah, maka setiap langkah kakinya akan dihapuskan satu dosa dan ditambahkan satu derajat. (HR. Muslim)

7. Bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Shalawat adalah doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW, yang merupakan utusan Allah SWT dan teladan bagi umat Islam. Shalawat adalah salah satu bentuk penghormatan dan pengagungan kita kepada beliau, yang telah menyampaikan risalah Islam kepada kita. Shalawat juga merupakan salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan bisa mendatangkan banyak kebaikan, salah satunya adalah rezeki yang lancar. Rasulullah SAW bersabda:

Barangsiapa yang bershalawat kepadaku, maka Allah akan memberinya sepuluh kebaikan, menghapuskan sepuluh kesalahannya, dan meninggikan sepuluh derajatnya. (HR. An Nasai)

Demikianlah beberapa amalan dan doa penarik rezeki dari segala arah menurut Islam. Semoga kita bisa mengamalkannya dengan istiqomah dan ikhlas, serta mendapatkan rezeki yang halal, baik, dan berkah dari Allah SWT. Aamiin.

No More Posts Available.

No more pages to load.