Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Mangarabombang Takalar, Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni : Percepatan Layanan

Penandatanganan prasasti oleh Kakanwil Khaeroni, didampingi Kepala Bagian TU Kanwil Kemenag Sulsel Ali Yafid, Kepala Bidang Urais Wahyudin Hakim dan Kepala Kantor Kemenag Takalar Solihin, serta disaksikan unsur Forkopimca Kecamatan Mangarabombang dan jajaran pejabat eselon empat Kantor Kemenag Takalar.​​​​​​​ Rabu (28/12/2022). (Ist)

UPOS, Takalar – Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar, yang dibangun melalui skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2022 penggunaannya diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Khaeroni.

Peresmian gedung yang berlokasi di Jalan Poros Takalar – Jeneponto ini, ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Kakanwil Khaeroni, didampingi Kepala Bagian TU Kanwil Kemenag Sulsel Ali Yafid, Kepala Bidang Urais Wahyudin Hakim dan Kepala Kantor Kemenag Takalar Solihin, serta disaksikan unsur Forkopimca Kecamatan Mangarabombang dan jajaran pejabat eselon empat Kantor Kemenag Takalar.​​​​​​​

Foto bersama Kakanwil Khaeroni, didampingi Kepala Bagian TU Kanwil Kemenag Sulsel Ali Yafid, Kepala Bidang Urais Wahyudin Hakim dan Kepala Kantor Kemenag Takalar Solihin, serta disaksikan unsur Forkopimca Kecamatan Mangarabombang dan jajaran pejabat eselon empat Kantor Kemenag Takalar.​​​​​​​ Rabu (28/12/2022). (Ist)

Khaeroni dalam sambutannya mengatakan, bahwa Kementerian Agama saat ini terus mendorong peningkatan layanan kepada masyarakat, baik dalam hal sarana prasarana maupun percepatan layanan.

“Kementerian Agama terus mendorong percepatan layanan kepada masuarakat. Hadirnya gedung Balai Nikah dan Manasik Haji ini tentunya menjadi bagian dari program percapatan itu,” ucap Khaeroni.

Percepatan layanan itu, lanjut Khaeroni, termasuk didalamnya percepatan layanan nikah di Balai Nikah. Kata Khaeroni lagi, bahwa Gus Men telah mencanangkan 7 program prioritas Kementerian Agama, yakni salah satunya adalah revitalisasi KUA.​​​​​​​

“Revitalisasi KUA adalah salah satu program prioritas Kementerian Agama yang dapat diwujudkan melalui peningkatan sarana prasarana, peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan sistem informasi, dan sejumlah program afirmatif di KUA yang bermanfaat bagi masyarakat,” terang Khaeroni, usai menandatangani prasasti peresmian gedung Balai Nikah Mangarabombang, Rabu (28/12/2022).

Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Takalar Solihin dalam sambutannya mengatakan, gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Mangarabombang adalah satu dari lima gedung serupa di Kabupaten Takalar, yang sumber pembiayaannya berasal dari SBSN.

“Dengan hadirnya bangunan KUA ini, mencukupkan 5 KUA yang dibangun dengan anggaran SBSN. Masih ada 4 Kecamatan lagi. Tentunya kami berharap bapak Kakanwil dapat memfasilitasi agar mendapatkan bantuan tahun 2024,” pinta Solihin.

Selain itu, Solihin yang dilantik sebagai Kakan Kemenag Kabupaten Takalar pada 1 Desember 2022 lalu mengungkapkan, bahwa di Kabupaten Takalar terdapat 1 kecamatan sebagai pilot project Pusaka Sakina, yaitu KUA Galesong dan 1 KUA yang ditunjuk untuk Program revitalisasi KUA, yakni KUA Kecamatan Patallasang. (*)

Pos terkait