Telapak Tangan Gatal Pertanda Apa? Simak Penjelasannya

oleh -124 Dilihat
oleh
telapak tangan gatal pertanda apa
telapak tangan gatal pertanda apa

UJUNGPANDANG POS – Telapak tangan gatal adalah keluhan yang sering dialami oleh banyak orang. Rasa gatal yang muncul di telapak tangan bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, tahukah Anda bahwa telapak tangan gatal bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan tertentu?

Telapak tangan gatal bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kondisi kulit yang ringan hingga penyakit serius yang memerlukan penanganan medis. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum dari telapak tangan gatal, beserta penjelasan dan cara mengatasinya.

Penyebab Telapak Tangan Gatal

1. Eksim

Eksim adalah kondisi peradangan kulit yang ditandai dengan kulit kering, merah, pecah-pecah, dan gatal. Eksim bisa terjadi di seluruh bagian tubuh, termasuk telapak tangan. Ada beberapa jenis eksim yang bisa menyebabkan telapak tangan gatal, yaitu:

  • Eksim dishidrotik, yaitu eksim yang menyebabkan lepuh kecil berisi cairan muncul di telapak tangan dan kaki. Eksim ini biasanya dipicu oleh stres, alergi, atau paparan bahan kimia.
  • Eksim kontak, yaitu eksim yang terjadi akibat reaksi alergi atau iritasi kulit oleh bahan tertentu, seperti sabun, deterjen, logam, atau karet. Eksim ini menyebabkan kulit merah, bengkak, gatal, dan terasa panas.

Cara mengatasi eksim adalah dengan menghindari pemicu, menjaga kelembapan kulit, menggunakan krim atau salep kortikosteroid, dan mengonsumsi obat antihistamin untuk mengurangi gatal.

2. Kudis

Kudis adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh tungau kecil yang masuk dan berkembang biak di dalam lapisan kulit terluar. Kudis menyebabkan gatal yang sangat hebat, terutama pada malam hari. Kudis juga bisa menimbulkan ruam, lepuhan, dan luka di beberapa bagian tubuh, seperti ketiak, siku, lipat paha, dan telapak tangan dan kaki.

Cara mengatasi kudis adalah dengan menggunakan obat oles atau oral yang mengandung permetrin, ivermektin, atau benzoat benzil. Selain itu, perlu juga membersihkan dan mencuci semua pakaian, sprei, handuk, dan barang-barang yang bersentuhan dengan kulit dengan air panas dan deterjen.

3. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan dan pertumbuhan kulit yang berlebihan. Psoriasis bisa menyerang berbagai bagian tubuh, termasuk telapak tangan dan kaki. Psoriasis menyebabkan kulit kering, bersisik, tebal, merah, dan gatal. Psoriasis juga bisa menyebabkan benjolan kecil berisi air yang pecah dan mengeluarkan cairan.

Cara mengatasi psoriasis adalah dengan menggunakan krim atau salep yang mengandung kortikosteroid, vitamin D, asam salisilat, atau retinoid. Selain itu, terapi cahaya, obat imunosupresan, atau obat biologis juga bisa digunakan untuk mengontrol gejala psoriasis.

4. Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang terlalu tinggi. Diabetes bisa menyebabkan gangguan sirkulasi darah, saraf, dan kulit. Diabetes bisa menyebabkan kulit kering, gatal, dan mudah terinfeksi. Diabetes juga bisa menyebabkan komplikasi serius, seperti luka yang tidak sembuh, gangren, atau amputasi.

Cara mengatasi diabetes adalah dengan mengontrol kadar gula darah, menjaga pola makan sehat, berolahraga secara teratur, dan mengonsumsi obat antidiabetes sesuai resep dokter.

Telapak tangan gatal bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang perlu diwaspadai. Jika telapak tangan gatal tidak kunjung hilang, disertai gejala lain, atau mengganggu aktivitas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

No More Posts Available.

No more pages to load.