Gelar Swab Test Gratis, Priska Berharap Begini

  • Whatsapp

UPOS, Gowa– Kegiatan Swab Test massal gratis bagi kaum perempuan yang digelar Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Rabu (16/12) di Gedung Haji Bate berjalan lancar.

Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan mengatakan selain sebagai rangkaian peringatan Hari Ibu juga dilakukan mengingat kasus di Indonesia termasuk Sulsel dan Kabupaten Gowa mengalami peningkatan, sehingga deteksi dini dan tracing harus dilakukan sebagai langkah awal dalam memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Tentunya tidak hanya di Gowa yang mengalami peningkatan kasus tetapi di Sulsel juga seperti itu dimana jika dilakukan swab test seperti ini kita bisa mendeteksi dini dan melakukan tracking lebih awal sehingga kesadaran diri dalam mengikuti tes itu sangat penting, “ungkapnya.

Selain itu, kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum bagi siapa saja yang ingin melakukan swab, namun khusus pengurus PKK baik tingkat kabupaten, kecamatan muapun desa dan lurah harus ikut dalam swab test ini.

“Kita target minimal 100 orang yang terdaftar dan kita juga buka bagi orang yang mungkin datang karena membaca pamflet. Tapi bagi PKK desa dan lurah di Kecamatan Pallangga dan Somba Opu kita wajibkan ikut, karena sebagai tokoh perempuan apalagi daerah yang cukup tinggi angka terkonfirmasinya bisa jadi contoh bagi masyarakatnya dan menganggap stigma swab tidak menjadi momok dan semenakutkan yang difikirkan,” jelas Priska.

Ia meminta bagi siapa saja yang mengikuti tes massal ini agar melakukan isolasi mandiri minimal sebelum hasil diketahui.

“Kita harap hasil bisa diketahui lebih awal karena sebagaiamana yang kuta ketahui pemeriksaan hasil spesimen ada di provinsi sehingga kami imbau yang mengikuti swab harus isolasi mandiri sampai hasil swab keluar,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin mengatakan pihaknya menurunkan kurang lebih 20 tenaga kesehatan yang terdiri dari nakes Puskesmas Pallangga, Somba Opu dan Puskesmas Samata.

“Kegiatan ini sangat membantu Kabupaten Gowa dalam mentracking angka penularan Covid19 di Kabupaten Gowa, sehingga dalam bentuk dukungan kita turunkan puluhan nakes dari tiga puskesmas untuk melakukan swab lengkap dengan APDnya,” jelasnya.

Salah satu masyarakat yang ikut swab test ini, Sarianti mengatakan dirinya baru pertama kali mengikuti swab namun hal itu harus dilakukannya karena untuk membantu Pemkab Gowa dalam melakukan pengendalian angka Covid.

“Baru pertama kali dan cukup deg-degan serta pekerjaan saya juga mengharuskan ikut karena bersentuhan langsung dengan masayarakt dalam melakukan pelayanan,” pungkasnya.

Swab test ini juga dihadiri Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Hj Mussadiyah Rauf beserta jajaran pengurus PKK Kabupaten Gowa dan pengurus PKK Kecamatan Se-Kabupaten Gowa.

Pos terkait