Begini Simulasi Pemungutan Suara di TPS Pada Masa Pandemi Covid- 19

0 Komentar

UPOS, Gowa– Kapolsubsektor Pattalassang menghadiri simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gowa Tahun 2020 bertempat di Kampung Kopi Dusun Bilaya, Desa Pallantikang, Kecamatan Pattalassang, Kab. Gowa, Rabu (04/11/2020) siang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsubsektor Pattalassang, Iptu Abd. Rasyid, Camat Pattalassang Baharuddin, Devisi Tekhnik KPU, Muh. Basir, Ketua Bawaslu Kabupaten Gowa, Yusnaini.

Adapun rangkaian simulasi pemugutan dan penghitungan suara pemilih diwajibkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum masuk ke tps yang telah disediakan Petugas di luar tps lalu melakukan pengecekan suhu tubuh. Kemudian pemilih yang bersuhu tubuh diatas 37,5 diberi waktu sejenak apabila suhu tubuh tidak turun maka pemilih tidak diperkenankan masuk kedalam area tps tetapi menggunakan hak pilihnya menggunakan bilik khusus yang telah disediakan.

Selanjutnya, pemilih diberi sarung tangan sekali pakai untuk melakukan pencoblosan, setelah selesai jari pemilih akan diberi tinta tanda sudah mencoblos. Pemberian tinta tidak dilakukan dengan mencelupkan jari ke botol seperti biasanya tetapi menggunakan cotton bud sekali pakai kemudian cuci tangan ditempat yang telah disediakan dluar TPS.

“Kita perlu mengadakan simulasi untuk memperlihatkan dan mencontohkan bahwa beginilah modelnya Sistem pemilihan yang akan kita laksanakan pada Pemilukada kali ini karena memang berbeda dengan pemilukada yang lalu sekarang kita berada di tengah pandemi covid 19 jadi ada perlakuan khusus diberlakukan termasuk protokol kesehatan kita harus terapkan, “ucap Muh. Syahrir.

Kapolsubsektor Pattalassang menambahkan bahwa simulasi ini juga bertujuan untuk menyamakan presepsi dengan panitia penyelenggara pemilu dalam hal ini PPK, Panwascam, PPS sehingga nantinya saat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Bupati dan Wakil Bupati Gowa 2020 tetap mengedepankan protokoler kesehatan,” ungkap Iptu Abd. Rasyid.

Kapolres Gowa, AKBP Budi Susanto melalui Kapolsek Bontomarannu mengatakan bahwa Simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gowa dalam rangka mengecek kesiapan personil jajaran Polsek Bontomarannu. “Dalam melakukan pengamanan Pilkada pada masa pandemi Covid 19 dengan memperhatikan protokoler kesehatan, “tutupnya .

Penulis : *
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment