TPA Nurul Qur’aniyah Juara Umum FASI Ke-3 Tingkat Kecamatan Bua

oleh

UPOS,Luwu—Bertempat di Masjid Jami Tua Kecamatan Bua, selama tiga hari sejak Selasa-Kamis (14 s/d 16 Mei 2019), ratusan anak sekolah dasar (SD) se-Kecamatan Bua telah mengikuti lomba bernuasa religi, Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) yang di inisiasi Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bua bekerja sama dengan penyuluh agama kecamatan Bua.

Camat Bua, H Muhammad Satti Latif S.Sos, Kamis (16/5) dalam sambutannya mengatakan, pihaknya memberi apresiasi KUA Bua yang telah melaksanakan lomba bernuansa religi, FASI ke-3 tingkat kecamatan Bua, dimana kegiatan ini diikuti anak-anak generasi muda se-Kecamatan Bua ” Kami memberi apresiasi kepada panitia sudah melaksanakan kegiatan FASI ke-3 kecamatan Bua ini. Kegiatan ini sangat positif dan direspon orang tua murid-murid SD juga para guru di TPA se- Kecamatan Bua.

Respon positif ini karena memang kegiatan seperti ini sangat kita butuhkan dalam membina akhlaqul karimah putra putri kita. Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan dimasa yang akan datang dan bisa lebih banyak pihak yang terlibat didalamnya, ” Ungkap

Satti Kepala KUA Bua H. Akwal S.Ag, MH kepada Harian Palopo Pos, mengatakan, FASI ke-3 tingkat kecamatan Bua ini melombakan lima kategori, yaitu lomba Adzan, Tadarrus, Tilawah, Hapalan surah Pendek, Pildacil dan Cerita Islami, dan setiap lomba ini ada yang keluar sebagai juara. Namun secara totalitas TPA yang berhasil menjadi juara umum yaitu TPA Nurul Qur’aniyah.

Kelurahan Sakti dengan raihan 2 emas, 3 perak dan 2 perunggu, disusul juara II TPA Nurul Rahman Lare Lare yang meraih 2 emas 1 perak dan 2 perunggu, serta juara III TPA Al- Hikmah Tiromanda yang meraih 1 emas dan 1 perak.

“Lomba FASI ini tujuannya ingin menangkal dampak negatif bagi generasi muda sekaitan era globalisasi dan informasi, dimana kita ingin membentengi anak-anak kita dengan pemahaman agama yang mendalam, sekalgius membina karakter generasi muda kita, ” kata Akwal.

Seraya menambahkan, program FASI juga sebagai upaya dari Kementerian Agama khususnya jajaran KUA Bua dalam mendukung program religi Pemkab Luwu Adapun para peserta yang meraih juara, yaitu lomba Adzan dijuarai Juara I Muh Fabian Pratama (TPA Nurul Rahman) Desa Lare-lare.

Juara I lomba Tadarrus Nur lika Ramadhani (TPA Nurul Qur’aniyah) Kelurahan Sakti. Lomba Tilawah, juara I yaitu Muh Fadel (TPA Miftahul Khair) Desa Puty. Untuk lomba Hafalan Surah Pendek yang berhasil meraih juara I Haerul Karnang (TPA Al-Hikmah) Desa Tiromanda, sedangkan juara I lomba Pildacil, Juara I Nisa (TPA Nurul Rahman) Desa Lare-lare, sementara itu untuk lomba Cerita Islami, yang berhasil juara I Nurul Qur’aniyah (TPA Nurul Qur’aniyah) Kelurahan Sakti. (*)