Tambang Ramah Lingkungan Pakai Boiler Listrik

oleh

UPOS,Luwu Timur – Pelan tapi pasti, PT Vale Indonesia Sorowako mulai meninggalkan Boiler jaman dulu. Karena saat ini Vale sudah menggunakan Electrik Boiler.

Electrik Boiler ini di pergunakan Perusahaan Nikkel Sorowako untuk mewujudkan pertambangan yang ramah lingkungan.

” Dengan Electrik Boiler ini kami jamin tidak ada lagi volusi udara karena Electrik Boiler ini hanya mengeluarkan uap air dan tidak perlu cerobong asap lagi ” Ujar Zainuddin Project Manager Electrik Boiler, Kamis (1/8/2019)

Zainuddin mengaku, satu-satunya perusahaan tambang di Asia Tenggara yang menggunakan Electrik Boiler ini baru PT Vale Indonesia.

Buat perusahaan sendiri Electrik Boiler ini sagat menghemat oprasional karena tidak menggunakan Bahan Bakar Batu Bara. Boiler baru ini bisa dioprasikan cukup menggunakan tenaga listrik dan air.

Selain itu, Boiler Electrik ini dianggap paling aman, karena tidak akan berfungsi listriknya jika air tidak disuplai air .Aliran listrik baru berfungsi jika ada air karena air inilah yang akan menimbulkan listrik.

Uap yang dihasilkan Boiler Listrik ini mempermudah proses Atomisasi Burner rotary dryer dan reduction klin, untuk memanaskan sulfur di reduction klin.

Lantas bagaimana dengan Boiler lama, Zaunuddin menjelaskan Boiler lama saat ini bukan berarti tidak terpakai, kondisinya tetap di standby kan, karena dalam situasi tertentu dan mendesak boiler lama ini akan di gunakan.

Penerapan Boiler Electrik ini di perkenalkan manajemen PT Vale kepada awak media dalam kegiatan Jurnalis Visit PT Vale yang berlangsung 31 Juli – 4 Agustus 2019. Jurnalis Visit PT Vale ini di ikuti puluhan media dari Jakarta, Prov Sulsel, Kendari dan Lokal Luwu Timur . (UjungpandangPos/***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *