Soal Cuaca Buruk, Ini Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut

oleh

UPOS, Selayar- Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) III Selayar mengeluarkan surat edaran kepada seluruh pengusaha dan nakoda kapal di Kabupaten kepulauan Selayar, agar tidak memaksakan keberangakatan kapal selama cuaca buruk musim barat berlangsung.

Dalam edaran tersebut juga ditekankan agar para pengusaha kapal dan pemilik kapal serta nakoda memperhatikan kelengkapan navigasi kapalnya, bila akan memulai perjalanan pelayaran. Termasuk memperhatikan peringatan BMKG dan petugas pelabuhan, serta terus berkoordinasi dan memperhatikan peringatan- peringatan petugas pelabuhan bila akan melakukan pelayaran.

Surat edaran ini telah dikeluarkan oleh UPP III Selayar pada 21 Desember 2017. Hal ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengurangi terjadinya resiko kecelakaan di Laut Selayar selama musim barat.

“Kondisinya buka tutup pak, maksudnya bila cuaca agak bersahabat maka kita tetap biarkan berlayar, tapi bila cuacanya buruk dan tidak memungkinkan maka kita larang keluar pelabuhan jelas, “jelas Petugas UPP III Selayar, Hasbullah, Selasa (26/12/17).

Selain itu, selama musim ombak dan angin barat menghantam wilayah pantai barat Selayar, maka pelayaran angkutan barang dan penumpang ke wilayah Kepulauan Selayar, yang biasanya ramai di pelabuhan Rauf Rahman Benteng, kini berpindah ke Pelabuhan Pattumbukan dan Pamatata. Kondisi ini lebih aman karena di sebelah timur pulau ini cukup aman dari ancaman gelombang.

“Termasuk pelayaran PELNI dan Perintis, serta kapal Fery yang melayani warga ke pulau- pulau sementara tidak ada aktifitas di pantai barat, “tutup Hasbullah.(Fery)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *