Raja Gowa ke 37 Andi Maddusila Tutup Usia

oleh

UPOS, Gowa– Kabar duka menyelimuti warga Kabupaten Gowa, Andi Maddusila Andi Idjo yang tak lain Raja Gowa ke-37 dengan gelar Andi Maddusila Patta Nyonri Karaeng Katangka bergelar Sultan Alauddin II tutup usia pada Minggu (10/6/2018) sore.

Andi Maddusila Andi Idjo yang akrab disapa Patta Nyonri meninggal dunia pada pukul 15.30 Wita di RS Ibu dan Anak Bahagia, Kota Makassar.

Patta Nyonri lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 9 Juli 1950 dan merupakan anak pertama dari ketururunan Raja Gowa ke 36, Andi Idjo Daeng Mattawang Karaeng Lalolang Sultan Muhammad Abdul Kadir Aidudin.

Andi Maddusila dinobatkan sebagai Raja Gowa oleh Sekretaris Jenderal Forum Keraton se Nusantara, Gunarso G. Kusumodiningrat pada Senin 17 Januari 2011 sekitar pukul 15.00 Wita bertempat di Perumahan Megasari Jalan Jipang Raya, Makassar. Saat ritual penobatan Raja, disaksikan sekitar 300 orang dan dihadiri keturunan raja-raja dari berbagai daerah. Di antaranya Bate Salapang Takalar, Tallo, serta Bate Salapang Gowa seperti Tombolo, Lakiung, Parang-parang, dan Akangje’ne.

Maddusila resmi sebagai Raja Gowa ke-37 dengan gelar Andi Maddusila Patta Nyonri Karaeng Katangka bergelar Sultan Alauddin II.

Saat ini jasad Alamarhum telah dibawa ke rumah duka yang berada di Jalan ST. Alauddin, Perumahan Bumi Permata Hijau, Kota Makassar dan rencananya jasad Maddusila dimakamkan pada senin (11/06/2018) besok.(Ujungpandang Pos/Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *