Pulihkan Trauma Anak Korban Gempa, Ini yang Dilakukan GAS

oleh
Tim relawan berusaha menghibur dan memulihkan trauma anak- anak korban gempa di Palu, Sulawesi Tengah.(Foto : Momo)

UPOS, Palu– Untuk memulihkan trauma yang dialami anak- anak di Balaroa, Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Tim Garuda Aksi Siaga menghibur anak-anak korban likuifaksi, gempa dan tsunami, Senin (8/10/2018).

Oleh Relawan Garuda Aksi Siaga (GAS ), anak- anak ini dikumpulkan di dalam satu tenda dan diajak mendengarkan dongeng yang lucu menggunakan boneka tangan.

Setelah itu, anak-anak korban bencana tersebut diajak bernyayi sambil bertepuk tangan. Kegiatan ini mampu membuat anak- anak ini riang, di dalam tenda mereka tertawa gembira sambil bernyanyi.

Menurut Relawan GAS, Bobi, kegiatan ini sebagai bentuk pemulihan trauma akibat bencana yang melanda Palu, Donggala dan Sigi.

“Anak-anak ini adalah masa depan, mereka tidak boleh tenggelam dalam trauma kesedihan akibat bencana yang meluluh lantakkan rumah- rumah warga, “kata Bobi.

Kegiatan ini mengajak anak- anak melupakan ketakutan yang pernah mereka alami. Anak- Anak ini melihat secara langsung orang tua mereka, rumah mereka dan situasi kepanikan saat bencana likuifaksi yang mengubur hidup- hidup warga Balaroa.

Selain memulihkan kondisi kejiwaan anak- anak korban bencana ini, tim ini juga melakukan pengobatan massal bagi korban yang luka dan sakit di tenda- tenda pengungsian. (Ujungpandang Pos/Momo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *