PMI dan ASN di Lutim, Dilatih Begini Oleh TNI AL

oleh

UPOS, Luwu Timur– Sekitar seratusan orang anggota Palang Merah Indonesia (PMI) Kab. Luwu Timur dan Pegawai Negeri Sipil mengikuti pelatihan menyelam. Kegiatan ini dibimbing langsung personil TNI AL, Lantamal IV Makassar, di Aula Dinas Pendidikan, Malili, Kab. Luwu Timur, Senin (7/5/18).

Kegiatan ini dibuka Staf Ahli Bupati Luwu Timur, Zakaria dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Hamris dan Kamal Rasyid selaku Wakil Ketua PMI Lutim.

Menurut Zakaria, keterampilan menyelam ini penting untuk dipersiapkan membantu masyarakat yang mengalami musibah seperti, kapal tenggelam dan orang hanyut.

Peserta yang mengikuti latihan menyelam ini mereka- mereka yang dianggap sudah pintar berenang. Karena syarat mutlak menjadi penyelam itu harus pintar berenang.

Sebelum memasuki materi teknik menyelam peserta harus mendapat pembekalan materi kelas. Hal ini untuk memahami secara detail standar oprasional yang harus dilakukan saat melakukan penyelaman.

Wakil Ketua PMI Luwu Timur Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kamal Rasyid menjelaskan bahwa kegiatan ini bentuk kerja sama Pemerintah Daerah Luwu Timur dengan TNI Angkatan Laut.

“Alasan mendasar latihan menyelam ini adalah mempersiapkan tenaga handal dalam penyelaman, mengingat Luwu Timur daerah Maritim, ada Sungai, Laut dan Danau. Olehnya itu harus punya tenaga penyelam yang profesional, “ujarnya.

“Selama ini kita tidak punya tenaga penyelam yang profesional, semua berdasarkan semangat saja, nah kali ini kita berusaha melahirkan tenaga penyelam yang handal dengan fasilitas yang moderen, bukan pakai selang kompresor, “tambahnya.

ASN yang dilibatkan pada kegiatan kali ini berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perhubungan dan Dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Luwu Timur.

“Lucukan kalau dinas yang dimaksud personilnya tidak tahu menyelam sementara mereka yang bersentuhan dengan air dan bencana, “tandas Kamal.

Usai mengikuti materi kelas, peserta nantinya akan menjalani pemusatan latihan di Danau Matano dan Laut Lampia. Karena ada perbedaan tekanan air saat menyelam di air asin dengan air tawar, ini semua yang akan di ajarkan oleh personil TNI AL nantinya.(Momo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *