Pj Walikota Palopo Hadiri Rakernas di Jakarta 

oleh

UPOS, Palopo– Penjabat (Pj) Walikota Palopo, Andi Arwien Azis, Kamis (20/9/2018), menghadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 di Gedung Dhanapala, Kantor Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Jl. Senen Raya, Jakarta.

Menurut Andi Arwien Rakernas kali ini mengutip pernyataan keynote speech diharapkan menjadi upaya agar masyarakat Indonesia bisa mengakses dan memahami isi dari Laporan Keuangan agar dapat ikut mendukung kebijakan yang pemerintah jalankan.

“Setiap tahun pencatatan keuangan kita harus terus mengalami perbaikan. Agar pemerintah kembali mendapatkan opini WTP pada LKPP, LKBUN dan LKPD tahun 2017, “ungkap Andi Arwien.

Ia juga menyampaikan bahwa opini WTP adalah salah satu cara untuk mengurangi tata kelola keuangan yg kurang baik seperti korupsi. Karena tata kelola keuangan yang baik merupakan proses akuntabilitas pemerintah kepada masyarakat, sehingga dapat membangun kepercayaan masyarakat terhadap instansi publik.

Hingga saat ini ada 8 daerah telah menerima opini WTP selama 5 tahun berturut-turut. “Oleh karena itu, diberikan penghargaan kepada yang sudah memperoleh WTP dan menjaga transparansi dan akuntabilitasnya, “tambahnya.

Pada Rakernas itu juga ditekankan bahwa untuk seluruh proses akuntabilitas negara semakin baik, dibutuhkan komitmen Menteri, Bupati dan Walikota dalam mengelola keuangan negara. Dan kepada seluruh K/L Daerah jika masih banyak pengendali internal APBD yang masih kurang, maka kementerian siap membantu dan mendukung perbaikan pengelolaan keuangan negara di daerah.

Disela sela rakernas dilaksanakan peluncuran sebuah buku yang mendokumentasikan pelaporan keuangan dari masa ke masa, dari yg belum memiliki neraca keuangan (sekitar 12 tahun yang lalu) hingga pencatatan saat ini. Dan pembacaan sinopsis buku. Serta Talk Show yang bertemakan pengelolaan keuangan negara yang sehat menuju Indonesia kuat.(Ujungpandang Pos/Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *