Pentingnya Cuci Tangan, Sulsel– Oase KK Edukasi Anak Usia Dini

oleh
Lies F Nurdin mendampingi OASE melakukan kunjungan ke PAUD Masagena yang merupakan binaan dari TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (12/4).(Foto ; Hms)

UPOS, Makassar– Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Lies F Nurdin mendampingi Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) melakukan kunjungan ke PAUD Masagena yang merupakan binaan dari TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (12/4).

Dalam rangkaian kegiatan yang bersinergi dengan kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM, Dekranas serta PKK ini, Bintang Puspayoga selaku istri Menteri Koperasi dan UKM memberikan bantuan langsung berupa sanitasi (keran cuci tangan) dan alat-alat tulis untuk anak-anak di PAUD Masagena.

“Saya hadir ke sini mewakili Ibu Iriana dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla untuk memberikan edukasi kepada anak-anak untuk selalu mencuci tangan,” jelas Bintang.

Sosialisi tentang pentingnya mencuci tangan merupakan sebuah gagasan yang dimiliki oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk mengurangi tingginya angka stunting di Indonesia.

“Sebanyak 160 kabupaten dan kota di Indonesia masih terdampak stunting. Untuk mengentaskannya, sebanyak 17 kementerian disinergikan untuk mengurangi stunting. Salah satu cara yang digunakan untuk mengentaskannya adalah dengan mensosialisasikan sanitasi yang baik”, ungkapnya.

Ia pun menambahkan bahwa dengan adanya kesadaran untuk mencuci tangan bagi anak-anak, maka mereka akan terhindar dari penyakit cacingan dan juga stunting.

Selaras dengan Ibu Bintang Puspayoga, Lies F. Nurdin selaku Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan juga mengungkapkan pentingnya menjaga kebersihan sanitasi dan asupan gizi pada anak-anak.

“Alhamdulillah hari ini ibu-ibu dari OASE akan memberikan contoh bagaimana mencuci tangan yang baik dan benar. Hal ini sangat penting dan bermanfaat mengingat Sulawesi Selatan masuk dalam lima besar angka stunting tinggi di Indonesia,” tutur Lies.

Dengan adanya sosialisasi dan bantuan yang diberikan dari OASE KK ini diharapkan anak-anak bisa teredukasi untuk menjaga kebersihan dirinya serta bisa menanggulangi tingginya angka stunting, khususnya di Sulsel.(Ujungpandang Pos/*)