Menyentuh dan Cinta Pertanian, Ribuan Petani Sambut DOAMU Dengan Mappadendang

oleh
DOAMU disambut ribuan warga dengan cara adat Mappadendang atau atau pesta panen adat Bugis.

UPOS, Sidrap– Kampanye pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sidrap nomor urut 2, Dollah Mando- Mahmud Yusuf (DOAMU) memang tak pernah lepas dari hal-hal unik dan menarik.

Lihat saja pada Kampanye terbuka yang dilaksanakan di lapangan sepakbola Desa Wanio Timoreng, Kecamatan Panca Lautang, Minggu (06/05/2018), pasangan “Duo Insinyur” itu disambut ribuan warga dengan cara adat Mappadendang atau atau pesta panen adat Bugis.

Sejak awal rombongan DOAMU dijemput dengan Mappadendang diatas mobil. Setibanya di lokasi kampanye pasangan yang dikenal juga sahabat petani ini kemudian disematkan topi khas petani hingga turut langsung menari dan menabur bagian ujung lesung yang disebut Pakkambona.

Mappadendang sendiri merupakan suatu pesta yang diadakan dalam rangka rasa syukur atas panen yang dihasilkan, Mapadendang juga memiliki nilai magis yang lain. Disebut juga sebagai pensucian gabah yang dalam artian masih terikat dengan batangnya dan terhubung dengan tanah menjadi ase (beras) yang nantinya akan menyatu dengan manusianya. Olehnya perlu dilakukan pensucian agar lebih berberkah. Warga petani setempat percaya bahwa disambutnya DOAMU dengan Mappadendang akan membawa berkah agar kelak jika terpilih bisa amanah dan membawa Sidrap semakin maju khususnya di sektor pertanian di area Panca Lautang yang Masyarakatnya mayoritas petani.

“Tidak ada lain, DOAMU yang paling paham apa yang petani mau. Apalagi keseluruhan program yang telah dikonsep memang kena dan menyentuh petani, “kata Andi Wahyudin Habib, salah seorang tokoh masyarakat setempat.

Sementara itu, Dollah Mando dihadapan ribuan warga mengatakan jika terpilih memimpin bersama wakilnya Mahmud Yusuf semua program di sektor pertanian akan direalisasikan segera guna mengembalikan kejayaan Sidrap sebagai lumbung padi.

“Insyaallah, jika saya diberi amanah apa yang telah saya katakan akan saya tepati. Itu tidaklah sulit, karena saya dan pak Mahmud Yusuf mau lihat kembali petani sejahtera. Tidak pada saat butuh pupuk langka, butuh handtracktor tidak ada butuh bibit susah, itu semua akan kami subsidi kalau perlu kita gratiskan sesuai kesepakatan dengan DPRD nanti, “ucap Dollah Mando.

Turut hadir dalam kampanye, selain tim dan jurkam pentolan DOAMU hadir juga sejumlah tokoh masyarakat Panca Lautang diantaranya, Nurdiati tokoh perempuan, Hamka Laukki Mantan Kepala Dinas dan Asisten 1 Pemkab Sidrap. H Labi, H Baddu, Nurdin Lansa Hasnah Rauf, dan M Jufri yang siap total memenangkan DOAMU pada 27 Juni mendatang.(rls)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *