Jalur Terjal, Seorang Pendaki Ditemukan Cedera di Gunung Lompobattang

  • Whatsapp

UPOS, Gowa– Pagi ini Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian terhadap 6 orang pendaki, yang salah satunya mengalami trouble di Patahan Jurang Pasar Anjaya, di Gunung Lompobattang, Minggu (14/03/2021).

“Tim SAR gabungan telah bergerak menuju ke lokasi terjatuhnya korban, kondisi cuaca saat ini hujan ringan. Namun Tim SAR gabungan akan terus berupaya untuk mencapai lokasi, perjalanan sekitar 3 sampai 4 jam,” kata Djunaidi, Kepala Kantor Basarnas Sulsel.

Djunaidi mengatakan, bahwa dalam misi pencarian dan pertolongan ini ada penambahan personil dari potensi SAR untuk membantu jalannya evakuasi.

“Saat ini Tim SAR gabungan telah bertambah dengan beberapa potensi SAR, rencananya akan menyusul tim yang telah lebih dahulu berangkat, personil tambahan termasuk didalamnya ada keluarga korban, tim ini akan membantu saat proses evakuasi turun,” ujar Djunaidi.

Djunaidi menambahkan, bahwa kondisi di lapangan cukup berbahaya dan lumayan terjal.

“Kendala yang dihadapi oleh tim sar gabungan selain cuaca yaitu medan yang cukup terjal, semoga proses evakuasi yang dilakukan oleh tim sar gabungan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, karena keselamatan tim sar juga termasuk yang utama,” tandas Djunaidi.

Tim SAR gabungan tengah melakukan proses evakuasi terhadap Fahrul alias Allung yang mengalami cedera saat mendaki di Gunung Lompobattang.

“Pada pukul 12.15 Wita, Tim SAR gabungan telah bertemu dengan korban dan langsung melakukan penanganan medis sementara, dan untuk jalur evakuasinya, kami akan upayakan untuk melewati jalur yang tidak membahayakan, baik korban maupun tim rescue,” kata Djunaidi, Kepala Kantor Basarnas Sulsel.

Djunaidi menuturkan, bahwa proses evakuasi akan terus dalam pantauan, dikarenakan perjalanan evakuasi cukup sulit.

“Kami akan terus memantau dan memastikan bahwa korban dalam keadaan selamat hingga sampai di kaki gunung, terutama karena korban mengalami cedera,” jelas Djunaidi.

Diketahui, bahwa keenam pendaki dari Group Ultra Light Makassar ini mendaki Gunung Lompobattang pada Rabu (10/03/2021), namun salah satu pendaki Fahrul alias Allung terjatuh di jurang dan mengalami cedera pada Jumat Malam (12/03/2021).

Berikut data pendaki tersebut :

1. Fahrul (36) Warga Maros
2. Samsir (29) warga Maros
3. Muhammad Iqbal (23) warga Gowa
4. Faisal Basri (25) warga Takalar
5. Andre Kalangi (23) warga Gowa
6. Aco (28) warga Maros.

Pos terkait