Irwan Sebut Kecendrungan ASN Cuma Berpikir Nikmati Apa Yang Ada

oleh

UPOS,Luwu Timur – Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam, mengatakan cara berpikir ASN Luwu Timur harus di perbaharui. Jika tidak hal itu akan menghambat pembangunan di Lutim.Demikian dikatakannya usai melantik sejumlah Pejabat ASN di ruang Sasana Praja Kantor Bupati, Jumat ( 15/3/2019) Sore.

Menurut Irwan, kecendrungan ASN saat ini berpikir bagaimana menghabiskan apa yang ada, Seperti menghabiskan Anggaran yang ada, tapi sangat sedikit yang berpikir bagaimana caranya menambah Anggaran.

” Minta Maaf, Kalau boleh saya katakan, cuma 20 Persen saja ASN yang memiliki cara berpikir inovatif, selebihnya menganut cara pikir masa bodoh. ” Kata Irwan.

Lebih banyak ASN saat ini bekerja hanya mengikuti rutinitas saja, masuk kantor, terus Pelantikan Jabatan, sudah itu tidak ada kreasi.

Saya bersama pak Bupati sangat berharap ASN ini sama-sama memikirkan bagaimana memajukan daerah, mempercepat pembangunan.

Sadar atau tidak sadar pembangunan di Lutim ini stagnan, dari tahun ketahun begitu -begitu saja.

“Coba mi lihat postur APBD kita, sejak bupati pertama sampai kami menjabat saat ini berkisar 1.3, 1.4 dan 1,5 Triliun.Bahkan kita pernah devisit, Coba kita sama -sama berpikir bagaimana tahun depan lompat sampai 2 Triliun.”Ujar Irwan.

Kenapa ini terjadi karena cara berpikir kita stagnan juga, menikmati apa yang ada saja. Ini tidak bisa dipertahankan, kita bisa lewat oleh daerah lain kalau begini .

Satu contoh apa yang sudah kami lakukan belum lama ini , untuk meningkatkan Pendapatan Daerah, yakni Scrab PT Vale, jika sebelum nya kita cuma dapat 5 sampai 13 Miliar, pada 2018 Lutim sudah berhasil mendapatkan 35 Miliar dari Scrab PT Vale tersebut. Selama ini Skrab tersebut tidak mendapat perhatian serius kita,Lompatannya  hampir 20 M. “Lumayankan buat tambahan penghasilan daerah kita ” Tandas Irwan.

Irwan malah menyarankan kepala dinas kalau perlu tidak usah terlalu lama di daerah, silahkan keluar daerah , kepusat atau kemanalah mencari anggaran untuk dibawa pulang ke Lutim, sehingga anggaran daerah bertambah dan pembangunan bisa cepat dilaksanakan.

Selanjutnya Irwan mengucapkan selamat kepada ASN yang dilantik dan berharap bisa bekerja yang inovatif.

Kamal Rasyid, Kepala BKPSDM Lutim, mengatakan pelantikan pejabat ASN yang dilakukan Pemda Lutim, karena ada perubahan nomengklatur di struktur Organisasi Pemerintah Daerah hasil revisi pemerintah sehingga pejabat yang menduduki jabatan itu dilantik kembali.

Kemudian ada sejumlah pejabat yang waktu mutasi tempo hari  tidak hadir, hari ini dilantik dan diambil sumpah jabatannya.

Selanjutnya, melantik kepala Puskesmas Lampia, Malili dan Puskesmas Lakawali karena dianggap mendesak.(UjungpandangPos/***)