Ingin Kesenian dan Kebudayaan Tetap Langgeng, Ini Yang di Lakukan Husler

oleh

UPOS, Luwu Timur – Perhatian Pemerintah Kabupaten Luwu Timur terhadap pelestarian Seni dan Budaya dinilai cukup tinggi, hal ini dibuktikan dengan di berikannya bantuan peralatan Kesenian kepada Sanggar Seni dan Budaya di Kecamtan Kalaena, Senin ( 25/3/2019 ) . Penyerahan bantuan peralatan Kesenian ini dilakukan langsung Bupati Luwu Timur, Muhammad Thorig Husler di dampingi Kepala Dinas Pariwisa, Kebudayaan , Pemuda dan Olah Raga.

Menurut Hamris Darwis, Kepala Dinas Pariwisata,¬† Pemuda dan Olah Raga Luwu Timur, selain fokus pada pengembangan sektor kepariwisataan alam, sektor Kesenian dan Kebudayaan juga menjadi perhatian pemerintah. karena Kesenian dan Kebudayaan tidak bisa lepas dari kepariwisataan Luwu Timur. ” Kesenian dan Kebudayaan itu juga merupaka daya tarik Pariwisata , ” Ujar Hamris

Pemberian bantuan alat kesenian kepada kelompok seni budaya merupakan salah satu dari 119 program prioritas dari Pemerintahan Husler-Irwan. Pemberian bantuan ini merupakan langkah kongkrit sebagai apresiasi pemerintah daerah terhadap penguatan kelembagaan Sanggar Seni di Lutim.

Bupati Luwu Timur, Muhammad Thorig Husler, mengatakan, Pemerintah Luwu Timur sangat peduli dengan pelestarian seni dan budaya di Lutim. Dikatakannya, Luwu Timur yang majemuk ini tentunya punya kesenian dan budaya yang beraneka ragam. Hal inilah yang menjadi daya tarik daerah kita olehnya itu warisan budaya ini harus tetap dipertahankan dan dikembangkan meskipun seni dan budaya ini datangnya dari tanah Jawa.

” Disinilah Indonesia mini itu, kita mau lihat budaya dan Kesnian¬† Jawa, Bali, Lombok, Flores, dan budaya Tana Luwu dan masih banyak lagi suku yang lain semua ada di Lutim, inilah yang harus dirawat dan dilestarikan karena ini menjadi aset Luwu Timur untuk maju dan menjadi daerah terkemuka ” Terang Husler

kali ini Husler menyerahkan bantuan alat kesenian kepada sanggar seni Reog dan sanggar seni Singo, Husler berharap dengan adanya bantuan reog ini kesenian budaya Reog ini bisa ditampilkan di Luwu Timur. Tak hanya itu Husler juga menyerahkan insentif kepada 32 orang Pelatih Tari dan Pelatih paduan suara. Insentif ini diberikan hanya kepada sanggar seni yang aktif saja dan memenuhi syarat untuk di berikan bantuan.
( UjuangPandangPos/***)