Hari Palang Merah Sedunia, JK Beri Penghargaan ke Relawan yang Gugur

0 Komentar

UPOS, Jakarta– Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, Jusuf Kalla (Jk) memberikan penghargaan kepada 3 orang relawan PMI yang gugur dalam penanganan Covid-19.

Mereka adalah Karman dari PMI Purwakarta, Paimin dari PMI Wonogiri dan Multazam yang merupakan Staf PMI Pusat dan bertugas di Makassar. Penghargaan tersebut disampaikan JK saat memperingati hari Palang Merah sedunia yang jatuh pada tanggal 8 Mei 2020 melalui Live event Hari Palang Merah Sedunia yang dapat disaksikan via di Kanal Youtube PMI TV.

“Terima kasih kepada relawan yang telah bekerja keras dalam menangani Covid-19 dan penghargaan setinggi tingginya kami sampaikan kepada sluruh keluarga yang telah gugur dalam operasi penanganan Covid ini, mereka telah mengorbankan jiwa dan raganya dalam rangka mengabdi kepada kemanusiaan mereka telah menjalani prinsip kemanusiaan dan menyerahkan kehidupannya untuk kita semua, ”ujar JK langsung dari PMI Center Jalan brawijaya No 6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pada kesempatan itu juga JK didampingi oleh Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said berdialog dengan keluarga relawan PMI yang telah gugur melalui virtual meeting. Para keluarga menyampaikan terima kasih sebesar besarnya kepada para pengurus PMI yang telah memberikan perhatian dan penghargaan kepada keluarga mereka yang telah tiada.

Lebih lanjut JK berpesan kepada seluruh relawan PMI yang mengikuti live event tersebut untuk tetap berjuang keras mengingat masa berakhirnya pandemi masih panjang karena obat dan vaksin untuk mengatasi Covid-19 belum ada.

“Perjalanan masih jauh, covid ini masih mempunyai proses yang panjang dan akan berakhir sampai ditemukannya obat atau vaksinnya. Untuk itu PMI harus tetap berjuang termasuk juga mengatasi masalah rentetan akibat Covid ini yaitu sosial dan ekonomi, ”terang JK.

Dalam live Event itu juga hadir memberikan sambutannya kepala Delegasi Federasi Palang Merah Internasional untuk PMI, Alexander Herli. Dalam sambutannya Alex mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PMI yang telah berjuang bersungguh sungguh dalam menghadapi Covid-19 di Indonesia.

“Atas nama komite palang merah Internasional saya memberikan apresiasi kepada PMI dan relawannya yang telah berkerja keras tanpa pamrih dalam memerangi Covid-19 di Indonesia ini dan tujuan kita adalah membantu mereka yang paling rentan, ”ujar Alex.

Tanggal 8 Mei ditetapkan sebagai Hari Palang Merah Sedunia karena merupakan hari lahir Bapak Palang Merah, Jean Henri Dunant. Jean Henri Dunant merupakan seorang aktifis sosial asal Swiss dan merupakan inspirasi dari terbentuknya Komite Internasional Palang Merah (ICRC) pada tahun 1863.(*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment