Di Palopo, Kapolda Bilang Begini

oleh

UPOS, Palopo– Walikota Palopo, Judas Amir menghadiri tatap muka Kapolda Sulawesi Selatan, Irjenpol. Hamidin, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Palopo (Forkopimda), tokoh agama, akademisi, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat, LSM dan insan Pers. Tatap muka dan dialog tersebut digelar di Markas Komando (Mako) Polres Palopo, Selasa (26/3/2019).

Walikota Palopo dalam sambutan singkatnya pada kesempatan itu mengucapkan selamat datang di Palopo kepada Kapolda Sulsel dan rombongan. Walikota Palopo menyatakan syukur atas kondusifitas di Kota Palopo. Walikota dihadapan Kapolda menyampaikan bahwa di Kota Palopo telah dibentuk wadah/organisasi yang bernama RAN atau relawan anti narkoba, radikalisme dan terorisme.

“Kami juga punya program, semua RT/RW berkomitmen bahwa jika ada hal- hal yang terjadi di wilayahnya dan tidak ada laporan dari mereka (RT), terjadi hal yang tidak diinginkan (terorisme/radikalisme), maka para RT akan bertanggung jawab. Alhamdulilah kerjasama dan Koordinasi Rt, Babinsa dan Bhabinkamtibmas berjalan baik, “kata Walikota.

Kapolda Sulawesi Selatan, Irjenpol Hamidin, diawal arahannya menyampaikan bahwa dirinya bukan orang asing/baru diwilayah ini (Luwu Raya), karena sebelumya pernah bertugas menjadi Kapolres Luwu Utara, pernah menjadi anggota Densus 88, dan terakhir menjabat Deputi Kerjasama Internasional Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), sebelum menjadi Kapolda Sulawesi Selatan. Pada kesempatan itu, dirinyapun banyak mengisahkan pengalamannya dalam melakukan pencegahan dan penanganan kasus waktu bertugas di Luwu Utara.

Terkait pemilu yang tidak lama lagi akan digelar, Kapolda menghimbau agar menggunakan hak pilih sesuai hati nurani. “Lihat indikator dan latar belakang calon yang akan kita pilih. Jangan asal pilih, karena yang kita pilih itulah nanti yang menjadi wakil kita kedepan, “imbau Kapolda.

Kapolda meminta Polres dan Kodim, serta Pemda untuk menjaga kekompakan, karena kerjasama antara tersebut sangat menentukan kondusifitas, karena menurutnya benteng terakhir dari negara ini adalah TNI, Polri dan Pemda.

“Berikan jaminan masyarakat agar masyarakat mau ke TPS menunaikan haknya. Waspadai narkoba, radikalisme/terorisme serta berita berita hoaks dan fitnah, “jelas Kapolda.

Pada tatap muka dan dialog yang diawali pementasan marawis dari personel polisi, TNI dan Pemkot tersebut dihadiri juga ketua forum kerukunan umat beragama Kota Palopo, komisioner KPU Palopo dan tamu undangan lainnya. Usai tatap muka, rombongan Kapolda Sulsel melanjutkan kunjungan ke kabupaten Luwu.(Ujungpandang Pos/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *