Di Lutim, dr Boyke Bahas Hal Ini

oleh

UPOS, Luwu Timur– Ahli Kandungan dr. Boyke Dian Nugraha mengatakan tidak ada hubungannya cinta dengan seka. Olehnya itu buat adik- adik remaja utamanya kaum wanita jangan menyerahkan keperawanan kepada kekasihnya disaat lagi dilanda asmara. Ini disampaikannya saat membawakan seminar tentang
upaya kesehatan reproduksi dalam penurunan stunting, di Gedung Simpurusiang, Kec. Malili, Kab. Luwu Timur, Rabu (31/10/2018) malam.

Menurut Boyke, hubungan di luar nikah dan hamil kerap merugikan kaum wanita. Sebab rata- rata yang tidak siap menikah akan melakukan aborsi.

Proses aborsi inilah yang akan merusak alat reproduksi kaum wanita. “Apalagi Proses Aborsi ini dilakukan dengan berbagai obat- obatan yang tak lazim , yang mengakibatkan bayi lahir cacat dan pendek, “ujarnya.

Memang kata Boyke, semua berawal dari cinta, wanita yang sudah jatuh cinta kadang tak peduli sama lelaki yang dicintainya. Apakah dia perokok, atau pengidap penyakit kelamin, si wanita lebih mengutamakan dan memikirkan pestanyanya saja. Padahal ini penting untuk kelangsungan dan kelangengan rumah tangga.

“Olehnya itu para wanita harus mengutamakan kesehatan pasangannya, janga gara- gara salah memilih burung hidupnya bagaikan butiran debu yang tak berguna, “katanya.

“Jadi untuk adek- adek remaja tolong jangan kaitkan cinta dengan seks, laki-laki yang baik akan menjaga keperawanan kamu sampai menikah, ingat itu, “tambahnya.

Apa bila alat Reproduksi kaum wanita sudah rusak, seperti terjangkiti kangker mulut rahim maka ini akan berpengaruh pada keturunan yang dihasilkan. Anak yang lahir akan stunting, cacat dan yang menyebabkan kematian pada ibu.

Boyke juga salut dengan Bupati Luwu Timur yang memberikan perhatian penuh disektor kesehatan. Dan yang membuat dia bangga angka kematian Ibu di Lutim ini dalam setahun cuma 4 orang, ini mengalahkan kabupaten lain yang ada di Indonesia.

Acara Seminar ini juga di hadiri Bupati Luwu Timur yang juga tampil sebagai pembicara peran pemerintah Luwu Timur disektor Kesehatan.

Acara seminar ini berjalan seru dan tidak membosankan, semua peserta seminar semangat mendengar dan malu sambil tertawa. Karena dalam seminar ini Boyke mengulas tuntas soal alat reproduksi kaum wanita dan suami.(Ujungpandang Pos/Momo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *