Debit Air Waduk Bili-Bili Meningkat, BMKG Mengeluarkan Peringatan Waspada Hujan Sedang dan Lebat

0 Komentar

UPOS, Gowa– Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ), kembali menambah bukaan pintu air di Waduk Bili-Bili, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa.

Hal itu dilakukan, menyusul meningkatnya debit air sungai akibat intensitas hujan yang kembali tinggi. Dalam dua hari terakhir ini, turun hujan yang cukup deras.

Berdasarkan pengumuman yang disampaikan pihak BBWSPJ, tingkat elevasi air di Bendungan Bili-Bili, pada hari Rabu (10/03/2021) Pukul 06.00 Wita, mencapai +99,67 Mdpl.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, Ir Adenan Rasyid saat dikonfirmasi mengatakan, peningkatan elevasi air itu langsung diantisipasi dengan membuka pintu pelimpah bendungan setinggi 200 cm.

“Elevasi kembali naik. Sehingga sesuai Standard Operation Project (SOP), kita tambah pembukaan pintu air 200 cm untuk mengurangi elevasi Waduk Bili-Bili,” ujar Adenan.

Mulai kemarin hingga dini hari tadi, Adenan berada di Waduk Bili-Bili untuk memantau perkembangan kondisi air. Meski terjadi peningkatan elevasi, namun Adenan menegaskan kondisi Bendungan Bili-Bili tetap kondusif. Kata dia, tingkat elevasi +99,67 mdpl itu masih normal.

“Masih di range normal. Karena waspada di elevasi 101,70 Mdpl,” terangnya.

Penambahan pembukaan pintu air setinggi 200 cm itu dilakukan Pukul 06.30 Wita. Kepada masyarakat, ia mengimbau, agar menghindari aktivitas di hilir hingga muara Sungai Jeneberang. Baik itu menjala ikan maupun kegiatan penyeberangan.

“Mengantisipasi resiko, kami imbau masyarakat jangan dulu beraktivitas di hilir dan muara Sungai Jeneberang untuk sementara waktu,” jelasnya.

Sementara, Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG Wilayah IV Makassar Siswanto menambahkan, hujan ringan hingga lebat akan terus turun hingga malam hari. Angin kencang dan petir juga akan menghantam sejumlah wilayah.

Pada pagi hari, hujan ringan terjadi di seluruh wilayah Sulawesi Selatan. Kemudian hujan sedang hingga lebat akan terjadi di wilayah Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Selayar.

Lalu, siang hingga sore hari, hujan sedang dan lebat ada di wilayah Makassar, Gowa, sebagian Sinjai, Selayar, Masamba, Malili. Kecuali wilayah berawan ada di wilayah Sengkang, Watampone, Watansoppeng, Sidenreng, Enrekang, Pinrang.

Pada malam hari hujan ringan terjadi di wilayah Selayar, sebagian Makassar, Gowa, Takalar.

Siswanto juga mengingatkan, untuk ketinggian gelombang laut mencapai 1.25 hingga 2.5 m terjadi di perairan Pare-Pare, perairan Spermonde Pangkep bagian barat, perairan Spermonde Pangkep, perairan Spermonde Makassar bagian barat, perairan Spermonde Makassar.

Kemudian, di Teluk Bone bagian selatan, perairan timur Kepulauan Selayar, Laut Flores bagian utara, Laut Flores bagian barat, perairan Pulau Bonerate-Kalaotoa bagian utara, perairan Pulau Bonerate- Kalaotoa bagian selatan, dan Laut Flores bagian timur.

Penulis : Arman
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment