Bupati Ini Kembali Serahkan 100 Unit Hand Traktor ke Petani

oleh

UPOS, Luwu Timur– Guna mempercepat mekanisasi pertanian di Kabupaten Luwu Timur, Bupati Luwu Timur, Thorig Husler menyalurkan 100 unit hand traktor senilai Rp2,8 Miliar kepada 100 kelompok tani. Dengan demikian sudah 509 unit hand traktor yang diserahkan kepada kelompok tani sejak 2016 hingga 2018.

Penyerahan 100 Unit Hand Traktor ini dilakukan di Kantor Dinas Pertanian Luwu Timur, Malili, Kab. Luwu Timur, Selasa (24/7/2018).

Menurut Husler, Sesuai janjinya 1000 unit hand traktor akan disalurkan kepada kelompok tani. Di tahun kedua masa pemerintahannya baru terealisasi 509 unit.

“Tahun depan 200 unit lagi kita salurkan, dan secara bertahap target 1000 unit ini akan terealisasi semua, “ujar Husler.

Lanjut Husler, jika dibanding dengan luas lahan pertanian Luwu Timur yang mencapai hampir 28.000 Hektar, Jumlah 1000 hand traktor itu belum memadai.

Idealnya satu hand traktor mengolah lahan 10 Hektar, namun fakta di Lutim Satu hand traktor menagani 25 Hektar lebih. Jadi ini masih jauh dari harapan meski kita sudah memulai untuk mengatasinya.

Tujuan penyaluran peralatan moderen pertanian ini tidak lain untuk mewujudkan mekanisasi pertanian di Lutim, sehingga proses pembibitan, penanaman sampai panen bisa berlangsung cepat dengan hasil yang melimpah dan memiliki kualitas terbaik.

“Ini penting karena kita sudah memasuki era perdagangan bebas, dengan mekanisasi pertanian di Lutim petani kita sudah memiliki daya saing dengan produk pertanian dari luar negeri, “pungkas Husler.

Saat ini jumlah kelompok tani di Lutim ada sekitar 2000 lebih. Diharapkan para kelompok tani yang menerima bantuan alat pertanian ini mampu mejaga dan memikirkan biaya pemeliharaannya. Sehingga mesin pertanian ini bisa bertahan dan bisa dipakai seoptimal mungkin.(Ujungpandang Pos/Momo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *