Bawaslu Lutim Libatkan Masyarakat Untuk Mengawasi Pilkada Lutim

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur – Pasca melantik anggota Panwascam, Bawaslu Luwu Timur langsung mengadakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif. Dalam kegiatan ini yang diberikan pemahaman adalah warga yang ingin ikut mengawasi Pilkada.

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Ilagaligo Malili, Senin (23/12/2019 ). Agenda ini di bimbing langsung Ketua Bawaslu Lutim.Rachman Atjha, Zainal Arifin , dan Ariadi Komusioner Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan.

Menurut Rachman Atjha, Pilkada Luwu Timur harus berjalan normal sesuai aturan. Pengawasan dilakukan sejak Tahapan Pilkada dimulai di KPU.

Olehnya itu seluruh warga Lutim bisa mengawasi jalannya tahapan hingga pengumuman hasil Pilkada.

Dengan minimnya personil Bawaslu tentunya pengawasan tidak bisa menjangkau kesemua lini. Olehnya itu peran warga diharapkan bisa menjadi pengawas yang disebut Pengawas Partisipatif.

Pelibatan warga inilah yang bisa membua jalannya Pilkada berlangsung aman dan sportif sesuai aturan. ” Semua pihak tentunya mengharapkan Pilkada ini berjalan aman, damai berkualitas .Ini semua jika seluruh tahapan berjalan sesuai aturan dan pihak yang berkompetisi juga sportif dalam merebut simpati pemilih ” Ungkap Rachman

Untuk itu warga yang mengawasi soal Pilkada nanti bisa melapor ke Bawaslu atau ke Panwascam manakala menemukan ada pelanggaran dalam Pilkada.

” Bagi yang berani bisa datang melapor dengan membawa bukti kuat ke Bawaslu, atau ke Panwascam, bagi yang takut karena merasa keselamatan diri terancam cukup menginformasikan kejadian tersebut ke Bawaslu nanti biar Bawaslu yang bertindak ” Tandas Rachman Atjha

Asriadi dalam kesempatan tersebut meminta ASN menjaga diri dalam Pilkada. Maksudnya jangan terlibat politik praktis larut secara aktif menjadi pendukung calon tertentu.

Menurut Asriadi, Setiap momen Pilkada ASN selalu menjadi Pesakitan, bahkan ada ASN yang dijatuhi hukumam karena tidak netral.

” Saya harap ASN tetap menjaga Netralitasnya, mari kita lalui Pilkada ini dengan aman dan damai, semoga Lutim ini menjadi daerah percontohan dalam berpilkada ” Tutup Asriadi . (UjungpandangPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment