Bawaslu Lutim Bongkar Data Pemilih Ganda, Ini Jumlahnya

oleh

UPOS, Luwu Timur– Bawaslu Luwu Timur bongkar data pemilih ganda sebanyak 151 orang wajib pilih. Ini dibuka saat KPU Luwu Timur melakukan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan untuk Pemilu 2019, Rabu (12/9/2018) sore.

Menurut Anggota Bawaslu Lutim, Andi Sukmawati, berdasarkan hasil verifikasinya dari 183.883 jumlah DPT hasil perbaikan, terdapat pemilih ganda sebanyak 151 orang wajib pilih.

“Hasil pemeriksaan kami, ditemukan 151 pemilih ganda tolong ini dicek lagi kebenarannya. Sebagai contoh Andi Baso Makmur, mantan Ketua DPC Hanura, namanya terdaftar di 2 TPS, TPS 17 dan TPS 20 di Kecamatan Nuha. Coba PPKnya mana, apakah ini orang yang sama atau beda, “ujar Sukmawati yang turut diakui PPK Kecamatan Nuha adalah orang yang sama dan segera akan di perbaiki.

Masih di Kecamatan Nuha, Menurut Sukmawati ada nama Amiruddin yang setelah ditelaah oleh pihaknya, merupakan ganda tiga, namanya sama dan tanggal, serta tahun kelahiran juga sama, memilih di TPS 22 Nuha. “Ini ada tiga namanya dalam satu TPS, “kata Sukmawati.

Lanjutnya, di Camatan Towuti, Desa Bantilang terdapat nama pemilih Akbar, NIK sama, tapi NKK beda, ini terdapat di TPS 4.

“Lanjut lagi, ke Desa Wawondulah, Kecamatan Towuti. Ada nama Agus Pitrianto, TPS 3 dan TPS 1. NIK dan NKK sama tapi beda jenis kelamin. Di TPS 3 dia berjenis Kelamin Perempuan dan di TPS 1 menjadi laki- Laki, “tambahnya.

Dari 11 Kecamatan, hanya Kecamatan Tomuni Timur yang tidak ditemukan pemilih ganda, sementara daerah lainnya ditemukan pemilih ganda.

Ketua KPU Luwu Timur, Hastuti mengakui temuan ganda tersebut benar dan hal ini akan diperbaiki saat Pleno di Provinsi.

“Ini pemilih ganda akan kami perbaiki saat Pleno di KPU Provinsi nanti, biarlah data 183.833 DPT hasil perbaikan ini di tetapkan dulu, nanti dirubah di Provinsi, “ungkap Hastuti.

Selain komisioner KPU, rapat Pleno ini di dihadiri seluruh Anggota PPK, utusan Parpol, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan dinas Kesbangpol Lutim.(Ujungpandang Pos/Momo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *