Polres Lutim Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada, Segini Kekuatan Personilnya

oleh

UPOS,Luwu Timur – Polres Luwu Timur melakukan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada 2020. Gelar Pasukan ini sebagai bentuk kesiapan Polres Lutim,TNI dan Pemerintah Luwu Timur untuk mengamankan Pilkada agar berjalan aman,sejuk dan kondusive. Gelar Pasukan ini dipimpin oleh AKBP Indratmoko di Lapangan Merdeka Malili, Selasa (10/03/2020 ).

Tidak seperti lazimnya, Saat melakukan pengecekan pasukan, Kapolres mengajak Bupati Lutim Muh.Thorig Husler bersama-sama melakukan pengecekan pasukan yang akan diterjunkan melakukan pengamanan Pilkada.

Menurut Indratmoko, untuk mengamankan Pilkada Serentak khususnya di Luwu Timur , semua unsur yang dianggap penting dilibatkan, sudah dimasukkan dalam regu pengamanan Pilkada. Kekuatan personil yang dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan Pilkada Lutim sebanyak 250 personil. Yang terdiri
dari Personil Polres Lutim, TNI,Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD Lutim, Damkar dan Dinas Kesehatan.

Strategi yang akan digunakan dalam pengamanan Pilkada Lutim nanti adalah Strategi Pengamanan Kota ( Sispam Kota ) . Hal ini akan disimulasikan setelah Gelar Pasukan usai dilaksanakan.

Lanjut Indratmoko, pengamanan Pilkada 2020 yang dilaksanakan oleh Polres Lutim adalah bentuk kesiapan
pemerintah daerah, TNI dan Polri dalam rangka menghadapi pemilihan kepala daerah khususnya di kabupaten Luwu Timur.
Simulasi merupaka upaya dalam menghadapi situasi terburuk dalam rangkaian perhelatan kepala daerah 2020 . Kita semua
mengharapkan , Polres Lutim akan siap menghadapi situasi yang terburuk.

” Untuk itu saya mengharapkan dukungan semua pihak elemen masyarakat, untuk mewujudkan Pemilu Kada yang sejuk damai
dan kondusive . ” Ujar Indratmoko.

Gelar Pasukan ini di hadiri juga komisioner KPU Lutim, Komisioner Bawaslu, pihak Kejaksaan Negeri Malili, dan segenap personil Polres Lutim. Namun sangat disayangkan dalam gelar pasukan ini sejumlah Pengurus Parpol yang diundang banyak yang tidak hadir. Parpol yang datang dalam gelar pasukan tersebut, Golkar, Hanura, PKS dan PBB.

Pihak Polres mengaku sudah mengundang semua Pengurus Parpol agar Partai Politik juga punya tanggung jawab untuk mewujudka Pilkada yang aman dan damai. Karena tiga syarat yang harus dipenuhi untuk mewujudkan Pilkada yang aman di Lutim, yaitu Penyelenggara Pemilu, Peserta Pemilu dan Masyarakat. Tiga komponen inilah yang harus bersinergi dengan baik agar Pilkada berlangsung aman dan damai. ( UjungpandangPos/***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *