Jadi Rumah Sakit Rujukan Corona, RSUD Ilagaligo Gelar Simulasi Penanganan Covid -19

oleh

UPOS,Luwu Timur – RSUD Ilagaligo Wotu Kabupaten Luwu Timur sudah ditetapkan Pemerintah Sulawesi Selatan sebagai rumah sakit rujukan untuk pasien Corona. Untuk itu pihak rumah sakit harus siap menghadapi jika corona sudah tiba di Luwu Timur. Informasi dari dr Benny Direktur RSUD Ilagaligo mengatakan sejak Januari pihaknya terus melakukan persiapan untuk menghadapi situasi terburuk yang ditimbulkan dari corona tersebut.

” Kami sudah menyiapkan ruang isolasi, peralatan dan obat-obatan termasuk tim dokter sudah kami siapkan, termasuk melakukan seminar corona , hal ini untuk mempersiapkan diri kita untuk menangani wabah corona jika penyakit penyakit tersebut tiba di Lutim ” Ujar dr Benny , Selasa (10/03/2020 ).

Dan hari ini, lanjut dr Benny, klimaks dari kesiapan tersebut kami melakukan simulasi penanganan corona di RSUD Ilagaligo. Simulasi bertujuan agar dalam penanganan semua tim sudah siap memberikan penangan sesuai dengan standart oprasional. Simulasi ini melibatkan semua para medis termasuk yang berada di puskesmas hingga dokter ahli.

Dalam simulasi itu terlihat beberapa tim dokter yang dibentuk khusus RSUD I Lagaligo berupaya semaksimal mungkin Kmelakukan penanganan terhadap pasien terindikasi corona-19. Penanganan mulai dari penjemputan di Puskesmas yang melaporkan pasien terindikasi virus corona-19 kemudian dibawa menggunakan ambulance hingga masuk keruang isolasi RSUD I Lagaligo.

Kedatangan pasien tersebut langsung dijemput tim dokter di RSUD Ilagaligo dengan mengenakan pakaian tertutup dan masker . Beberapa fasilitas dan alat kesehatan difungsikan diruang isolasi untuk memastikan pelayanan terhadap pasien terkena virus coronasecara optimal sebelum dilakukan rujukan.

Simulasi ini sempat mengundang perhatian warga yang berada di rumah sakit, bagi warga yang sudah mengetahui itu adalah sebuah simulasi tampak tenang dan menonton proses simualsi tersebut sampai tuntas. Sebaliknya warga yang tidak tahu memilih menghindar karena takut terjangkit virus corona.

Pelaksana Tugas Dinas Kesehatan, dr. Rosmini Pandin menerangkan, salah satu upaya yang paling ampuh menangkal corona adalah meningkatkan kekebalan tubuh. menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi seimbang, rutin minum air putih, biasakan mencuci tangan dan berolahraga teratur akan meningkatkan imunitas sehingga sulit terserang virus atau penyakit.

” Masyarakat tidak perlu panik,untuk itu ia meminta kepada media agar menyampaikan informasi yang benar kemasyarakat sehingga tidak terjadi ketakutan luar biasa di masyarakat yang akhirnya memperunyam kondisi sosial ” Ungkap Rosmini Pandin.

Untuk sementara ini , Kabupaten Luwu Timur masih aman dari virus corona. Kita berharap virus tersebut tidak pernah sampai ke Lutim, untuk itu masyarakat diminta beraktivitas seperti biasa saja tanpa ada kekhawatiran yang berlebihan .(kominfo/UjungpandangPos/***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *