Jembatan Desa Langkea Raya Ambruk, Warga Cari Alternatif

  • Whatsapp

Plt Camat Towuti, Drs Saenal bersama Nathan S, Kepala Desa Langkea Raya, Kapolsek Towuti Iptu Simon Siltu, SH dan Babinsa Jufri meninjau jembatan yang ambruk, di Jalan Komodo Desa Langkea Raya, Luwu Timur, Senin (27/9/2021). (Ujungpandang Pos/Erick)

UPOS, Luwu Timur – Plt Camat Towuti, Drs Saenal bersama Nathan S, Kepala Desa Langkea Raya, Kapolsek Towuti Iptu Simon Siltu, SH dan Babinsa Jufri meninjau langsung jembatan yang ambruk, di Jalan Komodo Desa Langkea Raya, Senin (27/9/2021).

Selain Jembatan yang ambruk ini, terdapat juga bangunan bendungan yang runtuh tidak jauh dari Jembatan yang ambruk tersebut.

Akibatnya, warga yang hendak melintas terpaksa mencari jalur alternatif lain.

“Ini jembatan pak dan bendungan diperkirakan ambruk pada subuh malam hari,” ujar seorang warga yang bermukim diarea tersebut.

Kata Nathan S, Kades Langkea Raya, jadi penyebab jembatan dan bendungan ambruk ini dikarenakan intensitas curah hujan, “Besarnya debit air yang masuk di sungai, kemudian aliran air yang masuk di sungai ini berasal dari plan site Enggano Gunung Hasan, dan juga gabung air dari gunung Desa Asuli bendungan, dan desa Wawondula,” ungkapnya.

Sambungnya, air yang ada di sungai ini mengalami debit air yang sangat luar biasa, sehingga jembatan dan bendungan ini yang ada sekarang ini runtuh akibat tekanan volume air yang sangat besar.

Kepala Desa Langkea Raya juga mengaku bahwa, bangunan jembatan ini menggunakan anggaran PTPM PMDM PT. Vale, dan bangunan bendungan menggunakan anggaran APBD.

“Bangunan tersebut, sudah ada sebelum saya menjabat kepala desa,” jelasnya.

“Harapan saya selaku pemerintah desa, jembatan dan bendungan yang ambruk ini, pemerintah kabupaten mencarikan solusi,” ucapnya.

“Kembali mengambil alih pembuatan jembatan ini dan bendungan sebab bangunan ini tentu membutuhkan dana yang cukup besar untuk merenovasi kembali memperbaiki dua bangunan ini, sehingga dapat kembali berfungsi di lalui oleh masyarakat, karena bangunan ini merupakan salah satu jembatan yang sangat vital di tengah-tengah masyarakat,” tutupnya.

Plt Camat Towuti, Drs Saenal bersama Nathan S, Kepala Desa Langkea Raya, Kapolsek Towuti Iptu Simon Siltu, SH dan Babinsa Jufri meninjau jembatan yang ambruk, di Jalan Komodo Desa Langkea Raya, Luwu Timur, Senin (27/9/2021). (Ujungpandang Pos/Erick)

Sementara itu, Plt Camat Towuti Saenal, meminta ke pemdes agar segera dulu membuat jembatan alternatif, supaya bisa di lalui masyarakat, Selanjutnya pemdes juga diharap agar berkoordinasi dengan pemerintah daerah soal bangunan yang ambruk ini.

Hal yang sama juga di sampaikan oleh Kapolsek Towuti Iptu Simon Siltu, bahwa pemerintah desa segera membuat jembatan seadanya untuk menghubungkan akses ini.

“Kami mendengar informasi dari warga bahwa ada jembatan yang ambruk, jadi kami menuju di tempat ini meninjau kejadian ini,” kata Kapolsek.

Dari pantauan, di lokasi sudah dilakukan pembersihan bekas material kedua bangunan tersebut, 1 alat berat digunakan. (*/Erick)

Pos terkait