IKA SMAN 1 Watansoppeng Rekomendasikan KIE Berbasis Budaya untuk Cegah Covid-19

0 Komentar

Foto Istimewa

UPOS, Makassar- Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak, menerima rekomendasi penanganan dan pencegahan Covid-19 dari Pengurus Pusat IKA SMA Negeri 200/1 Watansoppeng. Kegiatan itu berlangsung di Rumah Makan Apong, Makassar, pada Sabtu (4/7/2020).

Rekomendasi yang diserahkan merupakan buah pikiran yang dihasilkan dari Webinar Nasional “Survive di Tengah Pandemik Covid-19: Perspektif Kesehatan, Pendidikan, dan Sosial Budaya Menuju New Normal” yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Rekomendasi disusun dengan melibatkan pakar dari ketiga bidang yang juga merupakan putra-putri Soppeng. Di bidang kesehatan para intelektual Soppeng yang berkontribusi adalah Prof. Dr. drg. Andi Arsunan Arsin, M. Kes. dan Prof. Dr. Ridwan Amiruddin, S.K.M., M.Kes., M.Sc.P.H., pakar bidang kesehatan masyarakat dan dr. Zainal Abidin, S.H., M.H., mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Di bidang pendidikan melibatkan Prof. Dr. Hasnawi Haris, M. Hum. (Ketua PGRI Sulsel dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNM) dan Dr. Sakka Pati, S.H., M.H. Di bidang sosial budaya melibatkan guru besar Ilmu Antropologi FISIP Unhas, Prof. Dr. Pawennari Hijjang, M.A.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum IKA SMAN 200/1 Watansoppeng, Prof. Dr. Hasnawi Haris, M. Hum., atas nama alumni menyerahkan rekomendasi. Dalam penyampaiannya, Hasnawi mengemukakan bahwa rekomendasi ini merupakan wujud kepedulian alumni terhadap daerah tercinta.

Dekan FIS UNM itu mengungkapkan kebanggaannya kepada Bupati Soppeng atas keberanian dan langkah-langkah strategis selama masa pandemi ini.

Sementara itu, H. Andi Kaswadi Razak, S.E., menyampaikan terima kasih atas kontribusi para cendekiawan Soppeng untuk memajukan daerah.

“Kami berterima kasih dibantu dengan ide-ide. Akan saya bahas dengan jajaran terkait di Pemkab Soppeng,” jelas Andi Kaswadi Razak, dalam rilis yang diterima redaksi.

Rekomendasi penerbitan media komunikasi, informasi, dan edukasi dengan pesan-pesan yang bersumber dari kearifan lokan direspon dengan sangat baik oleh Bupati Soppeng.
Rekomendasi lain yang diberikan, yakni penguatan ketahanan masyarakat terhadap wabah Covid-19 melalui jaringan kekerabatan untuk adaptasi kebiasaan baru dan penguatan ketahanan individu, keluarga, dan komunitas menuju adaptasi kebiasaan baru.

Selain itu, IKA SMAN 200/1 Watansoppeng juga merekomendasikan menerapkan nilai/pendekatan budaya dalam pencegahan hingga pemulihan. Perlunya memperhatikan keragaman kebutuhan dan memberikan perlakuan khusus kepada lansia, anak-anak, dan disabilitas.

Begitu juga perlunya menanamkan dan menyamakan persepsi serta pola pikir kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan dengan memanfaatkan struktur pemerintahan, lembaga sosial, tokoh masyarakat, pemuda, tokoh agama, dan elemen lainnya. (*)

Penulis : Andy
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment