IAS di Torut, Layuk Sarungallo : Statusnya Sebagai Orang Toraja Sangat Kental

IAS bersama Layuk Sarungallo. (Ist)

UPOS, Toraja Utara – Tokoh kharismatik Ketekesu, Layuk Sarungallo ikut mengaminkan status kekerabatan Dr Ilham Arief Sirajuddin sebagai orang Toraja. Mantan wali kota Makassar 2004-2014 itu dia sebut memiliki garis keturunan Toraja yang sangat kental.

“Jadi, Pak Ilham ini memang dikenal luas sebagai orang Bone-Enrekang, tapi perlu saya jelaskan bahwa statusnya sebagai orang Toraja juga sangat kental,” ujar Layuk di kediamannya, di Kawasan Wisata Ketekesu, Kecamatan Kesu, Toraja Utara , Senin (19/12/2022).

IAS bersama keluarga dan kerabatnya datang ke kediaman Layuk sekaligus melayat. Putra tertua Layuk Sarungallo, Elvy Pamalingan Sarungallo, meninggal dunia. Tokoh pemuda Toraja Utara itu terserang strok karena kecapaian.

Seperti diketahui, leluhur IAS, Puang Rondo-rondo alias Puang Sondong salah satu mantan ketua adat masyarakat Toraja saat belum terpecah. Garis keturunan itu mengalir ke ibu IAS, St Djohra.

“Kami ini sudah keturunan ketiga dari Puang Rondorondo di Batu Allu,” ungkap Ketua Adat Sangalla Selatan, Fajar. Fajar adalah sepupu dua kali IAS.

Sebelum ke kediaman Layuk, IAS bersama sejumlah keluarganya ziarah kubur ke makam Puang Rondorondo di Batu Allu. “Hampir lima tahun IAS baru sempat ziarah makam Puang,” ucap Fajar

Sebelum ziarah kubur, IAS juga menghadiri Rambu Solo almarhumah Nenek Rimma Paelongan di Batu Allu. Di kesempatan itu, IAS bertemu keluarga besarnya di Toraja. (*)

Pos terkait