Bhabinkamtibmas Polsek Alla Bantu Warga Panen Padi

  • Whatsapp

Patut dicontoh, Bhabinkamtibmas Polsek Alla Polres Enrekang Aiptu Arif Runi turun ke sawah membantu warga memanen padi, meski dengan seragam lengkap dalam kubangan lumpur, Senin (27/12/2021). (Ist)

UPOS, Enrekang – Patut dicontoh, Bhabinkamtibmas Polsek Alla Polres Enrekang Aiptu Arif Runi tak tanggung-tanggung langsung turun ke sawah membantu warga memanen padi, meski dengan seragam lengkap dalam kubangan lumpur, Senin (27/12/2021).

Aksi sosial itu dilakukan Aiptu Arif Runi, saat melakukan patroli sambang di desa binaanya, Desa Masalle Kecamatan Masalle, Kabupaten Enrekang.

Aksi Polisi berpangkat Aiptu itu, menunjukkan kedekatan Polisi dengan masyarakat dimanapun tempatnya dan kepada siapapun.

“Tadi itu saya lagi melaksanakan kegiatan rutin sambang ke desa, tidak sengaja melihat warga binaan saya sedang panen, lalu saya langsung membantu mereka sekaligus mendengarkan keluh kesah warga binaan saya, agar terjalin hubungan yang baik antara polisi dengan masyarakat,” ucap Arif.

Aksi Bhabinkamtibmas Polsek Alla yang ikut membantu warga memanen padi merupakan salah satu upaya yang dapat menumbuhkan empati masyarakat terhadap keberadaan Polri.

Dalam rangka membangun empati antara Polri dan masyarakat, perlu dipahami kedua kemampuan ini yakni kemampuan saling mempercayai dan kemampuan empati. Empati adalah kunci membina kepercayaan dari masyarakat. Rasa percaya atau trust relevan sekali dalam kondisi sosial tertentu.

Dalam kehidupan masyarakat, Polisi memainkan banyak peran sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Mengatur lalu lintas, menegakkan hukum, menyidik perkara, memelihara keamanan dan ketertiban, dan melindungi keselamatan warga negara adalah sebagian dari tugas polisi. Istilah yang sering digunakan adalah melayani, melindungi, dan mengayomi. (*)

Pos terkait