Lantik 74 Kepsek, Bupati Luwu Berpesan Seperti Ini

0 Komentar

UPOS, Luwu– Pemimpin harus punya kepekaan sosial, kepala sekolah merupakan tugas yang berat, tapi sangat mulia, hal menjadi isi sambutan Bupati Luwu Basmin Mattayang saat melantik Eselon IV berjumlah 18 orang dan 74 kepala sekolah, di Aula Bappeda Luwu, Kamis (26/12/2019) sore.

“Banyak laporan dari warga dan para guru katanya ada kepala sekolah kalau sudah dilantik langsung sombong dan angkuh, seolah yang benar hanya dirinya padahal pemimpin tidak boleh begitu, “ungkap Basmin Mattayang.

Selain tentang kepala sekolah, Basmin juga mengingatkan kepada pengawas sekolah agar tidak menggunakan jabatannya untuk menggertak kepala sekolah.

“Jadikan jabatan itu sebagai sarana diskusi untuk membangun. Pengawas punya hak untuk memberikan rekomendasi terkait kepala sekolah tapi tidak semua usulan kepala sekolah menjadi acuan bagi Bupati Luwu untuk melakukan mutasi, “tambahnya.

Selain itu, Basmi juga mengatakan pengawas itu harus melihat kebersihan sekolah dari toiletnya, jika toiletnya bersih, pasti sekolahnya bersih.

“Sekarang ada aturan zona menjadi kepala sekolah harus melalukan pendekatan persuasif kepada warga dan orang tua murid. Kita tidak bisa membawa perahu itu baik, kalau lingkungan sekitar tidak baik. Kepala Sekolah juga wajib melapor kepada RT dimana dia ditempatkan mengajar. Bagi yang sudah dilantik lakukan tugasnya dengan baik karena amanah itu pertanggung jawabannya sama Allah, “tutup Basmin.(Ujungpandang Pos/Echa)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment