Komisi III DPRD Palopo Silaturahim Bersama Pangdam Asal WTL

oleh
oleh
Komisi III DPRD Palopo, t silaturahmi Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen TNI DR Marga Taufiq saat kunjungan mereka di Kota Ambon, Senin 13 Mei 2019.

Upos,Ambon-Komisi III DPRD Kota Palopo bersilaturahim bersama Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen TNI DR Marga Taufiq saat kunjungan mereka di Kota Ambon, Senin 13 Mei 2019.

Silaturahim bersama Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI DR Marga Taufiq ini dilakukan di Rumah Jabatan (Rujab) Pangdam XVI/Pattimura sekaligus buka puasa bersama.

Sekretaris Komisi III DPRD Kota Palopo, Alfri Jamil mengatakan silaturahim ini dikarenakan Pangdam Marga Taufik juga salah seorang wija to Luwu sehingga mengundang anggota DPRD Kota Palopo untuk berbuka puasa bersama.

”Sesama Wija to Luwu, Pangdam Marga Taufik menanyakan kabar dan perkembangan Kota Palopo, serta kami para anggota DPRD berdialog dan saling sharing terkait perkembangan Kota Palopo saat ini,” ujar Alfri (14/05)
Alfri menjelaskan, kunjungan mereka ke Kota Ambon terkait bantuan tanaman Pala yang diperoleh di Kota Palopo seluas 200 hektar untuk para kelompok tani di Kota Palopo.

Konsultasi di Balai Pertanian ini, kata Alfri bersama Dinas Pertanian untuk mempelajari mengenai budidaya tanaman pala.

”Karena Kota Ambon sudah berhasil membudidayakan tanaman Pala sehingga sudah go internasional dan diekspor ke luar negeri,” sebutnya.
Menurut Alfri, diperlukan pendampingan kelompok tani yang akan mengembangkan tanaman pala ini. Dan para petani ini harus sudah mendapatkan sertifikasi SNI.

”Para petani pala nantinya harus sudah bisa menentukan kadar kualitas tanaman pala. Intinya tanaman pala yang dipanen sudah kualitas ekspor,” jelasnya, seraya menambahkan dengan memperoleh sertifikat SNI, harus ada tahapannya.

Ia menambahkan, petani harus betul-betul mendapatkan bimbingan dari Dinas Pertanian yang mana harus dipetik sesuai dengan umur sesuai standar Dinas Pertanian.

”Sehingga harapan kami, jika program ini turun juga ada bimbingan teknis dari Dinas Pertanian, juga
diharapkan Pemkot Palopo bekerjasama dengan Balai Pertanian Ambon, sehingga nantinya dalam pengelolaan tanaman pala sifatnya berkesinambungan tidak sekali panen saja,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *