Komang : Penanganan Covid-19 Tanggung Jawab Bersama

0 Komentar

UPOS, Luwu Utara– Sampai hari ini, Rabu 20 Mei 2020, kasus konfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Luwu Utara kini sudah mencapai 35 kasus. Angka ini sudah termasuk 15 orang yang dinyatakan sembuh, dan 20 orang masih dikarantina/dirawat. Jubir Penanganan Covid-19, Komang Krisna, mengungkapkan hal ini, Rabu (20/5/2020), di Masamba.

Untuk kasus orang dalam pemantauan (ODP) kini sudah mencapai 192 orang, dengan rincian 190 orang selesai pemantauan, dan sisanya, 2 orang, masih dalam proses pemantauan. Sementara kasus pasien dalam pengawasan (PDP) kini sudah mencapai 25 orang, 23 di antaranya sudah sehat, satu masih dirawat, dan satu meninggal.

“Saat ini kami masih menunggu hasil pemeriksaan spesimen swab dari BBLK dan BTKL Makassar sebanyak 56 spesimen yang terdiri dari hasil contact tracing dan nakes, ”kata Komang Krisna. Ia menyebutkan, spesimen swab sebanyak 24 spesimen diperiksa di BBLK Makassar, sedangkan 32 spesimen lainnya diperiksa di BTKL Makassar.

“Penting bagi seluruh masyarakat untuk menggunakan masker, karena ketika seseorang berada di luar rumah akan ada banyak sekali ancaman penularan virus, ”ujar Komang mengingatkan. Ia juga mengingatkan pentingnya jaga jarak saat berkomunikasi, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, dan tidak keluar rumah jika tak mendesak.

“Kita tak pernah tahu di luar sana banyak sekali kasus yang memiliki potensi menularkan ke kita. Untuk itu, mari bergotong-royong, bahu-membahu, saling menolong satu sama lain, karena penanganan covid-19 ini adalah tanggung jawab bersama, ”jelasnya. Menurut dia, cara paling ampuh memutus penularan covid-19 adalah tetap berdiam diri di rumah.(*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment