Jelang GP Le Mans Rossi Sanjung Zarco

oleh
oleh
Valentino Rossi.(foto Int.)

Le Mans – Legenda hidup Moto GP, Valentino Rossi, menyanjung rider Yamaha Tech 3, yakni Johann Zarco, usai melakoni sesi kualifikasi MotoGP Prancis 2018. Menurut pembalap berjuluk The Doctor itu, kecepatan Zarco saat di lintasan sangat cepat. Bahkan, Rossi menyebut Zarco lebih cepat darinya.

Serangkain persiapan seri kelima MotoGP 2018 yang berlangsung di Sirkuit Le Mans, Prancis, pada Minggu (20/5/2018) malam, telah selesai dilaksanakan. Zarco yang mampu mencatatkan waktu 1 menit 31,185 detik keluar sebagai yang tercepat dan berhak menempati pole position di balapan tersebut.

Sementara itu, Rossi harus puas mengawali balapan dari posisi kesembilan. Hal tersebut terjadi karena di sesi kualifikasi, The Doctor kalah cepat dengan pembalap lainnya sehingga hanya menempati peringkat kesembilan dengan mengemas waktu 1 menit 31,900 detik. Catatan Rossi tersebut hanya terpaut 0,599 detik dari Zarco.

Padahal, Rossi tampil luar biasa di sesi latihan bebas pertama hingga ketiga, namun secara mengejutkan ia malahan meraih hasil buruk di sesi kualifikasi. Rossi beralasan dirinya kalah cepat dengan pembalap lainnya, terutama dari Zarco yang keluar sebagai yang tercepat di sesi tersebut.

Rossi mengaku cukup dikagetkan dengan kecepatan Zarco saat melakoni sesi kualifikasi di Sirkuit Le Mans. Bukan hanya pada saat sesi tersebut saja Rossi menganggap Zarco sangat cepat. Ia juga mengaku Zarco sangat cepat di balapan-balapn sebelumnya. Bahkan, ia menyebut Zarco lebih cepat ketimbang dirinya.

“Zarco sangat cepat hari ini (saat sesi kualifikasi MotoGP Prancis 2018). Begitu pun di balapan-balapan sebelumnya. Dia mengendarai dengan sangat baik. Dia pun sangat cepat ketika di balapan. Kami tidak tahu persis mengapa hal tersebut terjadi. Akan tetapi, yang pasti kami tahu dia lebih cepat ketimbang kami,” ungkap Rossi, seperti diwartakan Crash, Minggu (20/5/2018).

Penggunaan ban yang soft dianggap menjadi faktor utama mengapa Rossi mendapatkan hasil buruk ketika menjalani sesi kualifikasi di Sirkuit Le Mans. Menurut pembalap berpaspor Italia itu, penggunaan ban soft membuat dirinya tak dapat melaju dengan kecepatan maksimal.

Meski begitu, Rossi-lah malahan yang tampil lebih baik ketimbang Zarco saat balapan MotoGP 2018 berlangsung. Rossi yang mengawali balapan dari posisi kesembilan, mampu finis di urutan ketiga. Sementara Zarco, gagal mencapai garis finis karena terjatuh dari motornya di tikungan kedelapan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *