Tim Negara yang Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

Korea Selatan dampingi Portugal ke 16 besar Piala Dunia 2022. (REUTERS/WOLFGANG RATTAY)

UPOS, Makassar – Rangkaian babak penyisihan grup telah rampung digelar pada Jumat (2/12) waktu setempat. Berikut rangkaian pertandingan, yang dirangkum melalui CNN Indonesia.

Korea Selatan dan Swiss jadi dua tim terakhir yang memastikan tempat ke babak 16 besar. Hasil positif diperoleh Korsel usai mengalahkan Portugal 2-1.

Hasil ini membuat Korsel lolos ke babak 16 besar mendampingi Portugal yang lebih dulu memastikan satu tempat ke fase gugur.

Son Heung Min dkk finis sebagai runner up Grup H berkat unggul selisih gol dari Uruguay yang sama-sama mengemas empat poin. Sementara Portugal tetap berada di puncak klasemen dengan enam poin.

Sementara Swiss menyegel posisi runner up Grup G dengan koleksi enam poin. Hasil positif ini diraih usai mengalahkan Serbia 3-2. Swiss berhak mendampingi Brasil di babak 16 besar.

Prancis jadi tim pertama yang memastikan lolos ke fase knock out usai meraih kemenangan kedua di fase grup. Les Bleus menang 4-1 atas Australia pada matchday pertama dan menundukkan Denmark 2-1 pada matchday kedua.

Langkah Prancis kemudian diikuti Brasil dari Grup G dan Portugal dari Grup H. Brasil melaju ke babak 16 besar setelah mengalahkan Swiss 1-0.

Sedangkan Portugal mengamankan tempat di babak 16 besar usai membungkam Uruguay 2-0. Dua gol Selecao das Quinas diborong Bruno Fernandes.

Dari Grup A, Belanda dan Senegal menyusul lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Belanda lolos usai menang atas Qatar dengan skor 2-0 sedangkan Senegal berhak atas posisi runner up usai menang 2-1 lawan Ekuador.

Di Grup B ada Inggris dan Amerika Serikat berhasil melaju ke fase knock out. Inggris jadi juara grup usai menang telak atas Wales 3-0 sedangkan Amerika Serikat merebut posisi runner up berbekal kemenangan tipis 1-0 atas Iran.

Hasil positif juga diraih Australia yang pada laga terakhir sukses mengalahkan Denmark 1-0 di Grup D. Kemenangan ini mengantar Australia lolos dengan status runner up mendampingi Belanda yang menyandang juara grup.

Kejutan terjadi di Grup E lantaran Jepang lolos sebagai juara grup usai mengalahkan Spanyol 2-1 di laga terakhir. Kendati demikian Spanyol juga berhak melaju sebagai runner up lewat keunggulan selisih gol atas Jerman.

Berikut adalah Negara yang lolos 16 besar Piala Dunia 2022 :

Belanda (juara grup A)
Senegal (runner-up Grup A)
Inggris (juara Grup B)
Amerika Serikat (runner-up Grup B)
Argentina (juara Grup C)
Polandia (runner-up Grup C)
Prancis (juara Grup D)
Australia (runner-up Grup D)
Jepang (juara Grup E)
Spanyol (runner-up Grup E)
Maroko (juara Grup F)
Kroasia (runner-up Grup F)
Brasil (juara Grup G)
Swiss (runner-up Grup G)
Portugal (juara Grup H)
Korea Selatan (runner-up Grup H)

Negara yang tersingkir dari Piala Dunia 2022 :

Qatar (Grup A)
Ekuador (Grup A)
Wales (Grup B)
Iran (Grup B)
Meksiko (Grup C)
Arab Saudi (Grup C)
Jerman (Grup E)
Kosta Rika (Grup E)
Tunisia (Grup D)
Denmark (Grup D)
Belgia (Grup F)
Kanada (Grup F)
Kamerun (Grup G)
Serbia (Grup G)
Uruguay (Grup H)
Ghana (Grup H). (*)

Pos terkait