Jelajah Tiga Danau Cara Pemda Luwu Timur Promosikan Daerah

oleh
oleh
Even Jelajah Tiga Danau di lepas Bupati Luwu Timur Thorig Husler bersama wakilnya Irwan Bachri Syam di Bundaran City Center Malili, Sabtu ( 28/4/2018 ). Kegiatan ini di ikuti raider dari regeional Sulawesi selatan, kalimantan, Jawa dan Bengkulu.

UPOS, Lutim – Memperingati Hari jadi Kabupaten Luwu Timur ke-15, Pemerintah Luwu Timur menggelar even jelajah tiga danau. Kegiatan ini untuk mempromosikan Danau Matano, Danau Towuti dan Danau Mahalona. Jelajah Tiga Danau ini dilakukan dengan cara mengendarai motor trail mengitari tiga danau tersebut.

Even ini di lepas Bupati Luwu Timur Thorig Husler bersama wakilnya Irwan Bachri Syam di Bundaran City Center Malili, Sabtu ( 28/4/2018 ). Kegiatan ini di ikuti raider dari regeional Sulawesi selatan, kalimantan, Jawa dan Bengkulu.

Thorig Husler, dalam pidato awalnya sebeum melepas peserta, mengucapkan selamat datang kepada seluruh raiders yang berpartisivasi dalam Jelaja Wiata Tiga Danau. Menurut Husler, even ini dilaksanakan untuk memerahkan Hari Jadi Kabupaten Luwu Timur ke-15.

Dibalik even ini ada misi yang ingin dicapai yaitu, memperkenalkan secara luas Potensi tiga buah Danau yang ada di Kabupaten Luwu Timur. Karena Selama ini promosi tiga danau ini boleh dibilang sangat minim sehingga masih banyak orang tidak mengetahui Kelebihan Tiga Buah danau di Luwu Timur yang tidak ada samanya di Dunia.

Danau Towuti misalnya, sekitar 2015 silam, berkumpul Ilmuan dari dalam negeri maupun Luar Negeri di danatu Towuti untuk melakukan riset. yaitu dari ITB, LIPI dan dari Brown University, Hasilnya Para Ilmuan di Dunia sudah sepakat menyimpulkan  Danau Towuti adalah Danau Purba tertua di Indonesia. Hasil Penelitian ini menggeser pendapat Ahli yang sebelumnya menyimpulkan Danau Toba danau Purba yang tertua.

Tak hanya itu, Hasil Penelitian mereka juga menyimpulkan Danau Towuti merupakan Buku Sejarah tentang Iklim terlengkap di Indonesia.Karena  menyimpan sejarah Iklim hingga masa 700 ribu tahun silam.

fakta inilah yang banyak belum diketahui masyarakat secara luas,bahwa danau di Luwu Timur memiliki Potensi luar biasa. kelebihannya danau ini  bukan hanya sebatas pada keindahan alam dan Habitat danaunya saja melainkan dikedalamannya juga menyimpan sebuah rujukan ilmu pengetahuan tentang Iklim di Indonesia.

Hendra Ketua Panitia,saat dikonfirmasi menjelaskan, jumlah peserta yang ikut jelajah tiga danau ini mencapai 1200 peserta. Mereka datang dari berbagai provinsi diIndonesia.  Ledakan Peserta ini diluar dugaan Panitia.

“Luar Biasa Pesertanya, ini diluar prediksi kami yang menganggap pesertanya hanya dari regional Sulsel saja,” Kata Hendra

Dalam even ini Panitia menydiakan hadiah satu unit Mobil, sepuluh buah Motor. peserta nantinya akan melintasi medan berat menyisiri tiga buah danau yang diperkirakan Minggu besok akan selesai dan fihinish di landmark Luwu Timur. (momo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *