Irwan Bachri Syam Jadi Narasumber Seminar Di ATS

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur – Wakil Bupati Luwu Timur ,Irwan Bachri Syam menjadi narasumber di Seminar tentang Peran Mahasiswa dalam Menangkal Radikalisme, Koprupsi dan Penyalahgunaan Napza bagi Generari Muda.

Seminar ini berlangsung di Kampus Akademi Teknik Sorowako, Jumat (20/12/2019).Seminar ini juga di hadiri Direktur Akademi Teknik Sorowako Harjuma dengan pesertanya mahasiswa ATS.

Dalam kesempatan tersebut, Irwan mengatakan Mahasiswa adalah ujung tombak bangsa,Maju Mundurnya suatu peradaban bangsa sangat ditentukan mahasiswa.

Selaku insan akademis Mahasiswa juga paling cepat menerima ide baru dan perubahan. Olehnya itu selain megikuti perkuliahan dikampus-kampus juga getol melakukan kajian – kajian.

” Nah dalam kajian -kajian inilah jika tidak kuat referensi pembanding maka rawan terjebak dalam satu doktrinisasi yang pada akhirnya membentuk sikap dan pola pikir radikal dari satu faham yang di geluti.” Ujar Irwan

Saat ini faham radikal menjadi masalah bangsa Indonesia, untuk itu perguruan Tinggi mempunyai peran penting dan strategis dalam menangkal bahaya radikalisme dan intoleransi yang tumbuh di masyarakat.

Selain Radikal, Masalah bangsa kita saat ini adalah Korupsi dan Narkoba. Berbicara pencegahan Korupsi ini terpulang pada pendidikan kita. Sebab mental korupsi ini bisa di cegah lewat pendidikan sejak.usia dini di rumah. Baru pendidikan formal.

Jika sejak kecil kita di didik untuk tidak mengambil yang bukan hak kita maka sampai dewasa saya yakin itu akan terbentuk karakter anti korupsi.

” Jika dalam struktur pemerintahan, Korupsi bisa di cegah dengan memperbaiki sistem birokrasi, kemudian memperkuat pengawasan sehingga pengelolaan keuangan negara bisa diawasi dan di kelola sesuai aturan ” Ungkap Irwan

Kemudian menangkal Narkoba, ini juga harus dimulai dari dalam internal keluarga. Selanjutnya generasi muda harus tahu dampak bahaya narkoba.

Di Luwu Timur, Irwan mengaku peredaran Narkoba sangat masive.Untuk meredam peredaran narkoba maka perlu kesadaran semua pihak agar tidak terlibat narkoba.

Cara mencegahnya jangan terpengaruh untuk mencoba menggunakan narkoba. Sebab jika sudah mencoba maka akan ketagihan, orang yang ketagihan narkoba akan menyebabkan ketergantungan.

“Saat ini untuk mendeteksi pengaruh narkoba BNN Lutim gencar melakukan tes Urine, kemudian membentuk satgas anti narkoba ditingkat desa, dan gencar melakukan sosialisasi anti narkoba hingga kesekolah -sekolah.  ” Tutup Irwan . (UjungpandagPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment