Ini Inovasi Dukcapil Lutim

oleh
 UPOS,Luwu Timur – Sebuah inovasi baru diluncurkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Luwu Timur  yang diberi nama “RELIJI TUNTAS ANAK INDONESIA”  singkatan dari Perekaman Langsung Jadi Kartu Identitas Anak (KIA) Indonesia.

Inovasi ini merupakan hasil karya dari Kepala Seksi Pendataan Penduduk Disdukcapil Kab. Luwu Timur, Ahmad Alauddin, S.Kom, sebagai Project Leader program ini.

“Program ini telah diujicobakan/dilaksanakan di 3 Kecamatan, yakni pada tanggal 17 Juni 2019 di Kecamatan Towuti , 18 Juni 2019 di Kecamatan Nuha di Aula Kantor Kecamatan, dan 19 Juni 2019 di Kecamatan Wasuponda yang digelar di Kantor Operator SIAK Kecamatan,” jelas Ahmad Alauddin melalui pesan WhatsApp, Rabu (19/06/2019).

Program ini, kata Ahmad, bertujuan untuk memudahkan masyarakat/orang tua dalam penerbitan KIA buat anak-anak mereka. Dimana KIA saat ini merupakan salah satu persyaratan untuk pendaftaran peserta didik/sekolah tahun ajaran 2019/2020.

“Jadi, dengan adanya kegiatan Reliji Tuntas Anak Indonesia, diharapakan dapat mengurangi membludaknya pengurusan KIA di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Luwu Timur, serta meningkatkan antusiasme masyarakat/orang tua dalam pengurusan KIA. Dan yang tak kalah penting dilaksanakannya kegiatan ini adalah memutus mata rantai Pihak-pihak (Calo) yang mengambil keuntungan dalam pengurusan KIA,” ungkap Ahmad.

Dengan inovasi ini pula, diharapkan mampu  meningkatkan cakupan Kepemilikan KIA di Kabupaten Luwu Timur yang masih sangat rendah, yang berkisar di angka 5%  sejak KIA diperkenalkan tahun 2017 lalu. Adapun dalam pelaksanaan 3 hari tersebut, Disdukcapil Kab. Luwu Timur menerbitkan 498 Keping KIA. Dengan Rincian : Kecamatan Towuti 235 Keping, Kecamatan Wasuponda 114 Keping, dan Kecamatan Nuha 149 Keping.

Dalam pelaksanaan program ini, peralatan rekam dan alat cetak yang digunakan masih memakai alat Perekaman dan Pencetakan KTP-el, ini dikarenakan belum adanya alat Perekaman dan Pencetakan khusus untuk KIA.

“Kami berharap Tahun 2020 Alat Rekam dan Alat Cetak KIA ini dapat dianggarkan agar tidak mengganggu alat pencetak KTP-el,” kuncinya. (ikp-UjungpandamgPos/***)