Hari Pancasila “Kita Pancasila Bersatu, Berbagi, Berprestasi”

oleh
oleh
Ket: Pjs Walikota Palopo, Andi Arwien Asiz saat membacakan sambutan pada Hari Peringatan Pancasila di Lapangan Pancasila Kota Palopo, Jum'at (01/6/2018).

UPOS, Palopo – Pemerintah Kota Palopo Peringati Hari Pancasila di Lapangan Pancasila Kota Palopo Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (01/6/2018).

Peringatan Hari Pancasila ke 73 Tahun ini, sungguh mengarumkan bagi Pemerintah Kota Palopo yang dihadiri oleh Pjs. Walikota Andi Arwien Azis, Sekda Kota Palopo, Jamaluddin, Para Asisten Setda Kota Palopo, Kapolres Palopo AKBP Taswin, Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf. M. Imafy, Kadis Koperasi dan UKM, Karno, Kadis Kominfo Palopo, Baso Akhmad, Kadis Dukcapil, Asir Mangopo.

Selain itu, juga turut hadir Kabag Humas Setda Kota Palopo, Eka Sukmawati, Para Camat, Lurah dan jajaran pejabat lainnya Lingkup Pemkot Palopo, dan para peserta upacara dari unsur TNI , POLRI, BUMN/BUMD, dan perwakilan para pelajar se Kota Palopo.

Pjs Walikota Palopo, Andi Arwien Asiz, membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan bahwa “Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

“Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung “Karno” pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945,” ujarnya.

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan.

Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, “kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi,” ujar Arwien Asiz.

Lanjutnya, Semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama juga merupakan sebuah keharusan. Kita harus berbagi dengan memperkuat kepedulian, welas asih, dan saling menghargai dengan penuh empati.

Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini, harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat rasa peduli dan berbagi.

Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, kita akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Kita harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif.

Kita harus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan.

“Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tangguh, tegasnya.

Ada yang Unik pada Peringatan Hari Lahir Pancasila bertepatan hari Jumat 1 Juni 2018, Hari Lahir Pancasila di laksanakan di Lapangan ‘Pancasila’ dan di-hadiri oleh Bung “Karno” yang diketahui juga selaku Kadis Koperasi dan UKM Kota Palopo, Karno, “candanya disertai tawa. (Ujungpandang Pos/Rls*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *