Danpos TNI AL Munte Bertandang ke Dinas Perikanan Lutra

oleh

UPOS, Luwu Utara– Komandan Pos (Danpos) TNI Angkatan Laut (AL) Munte yang baru, Letda (Mar) Sulhajji, melakukan kunjungan ke Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Luwu Utara, Selasa (12/3/2019), dan diterima langsung Kepala Dinas (Kadis) Perikanan, Muharwan. Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Sulhajji sebagai Danpos TNI AL Munte sejak dirinya menggantikan Letda (Mar) M. Syaeful Jihad baru- baru ini.

Kadis Perikanan, Muharwan mengatakan, kunjungan tersebut selain untuk bersilaturahmi dan memperkenalkan diri sebagai Danpos TNI AL yang baru, juga dalam rangka pengawasan dan pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan di Perairan Laut Kabupaten Luwu Utara. “Pemda dan TNI AL adalah mitra dalam rangka pengawasan dan pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (SDKP), ”kata Muharwan.

Untuk itu, kata Muharwan, dengan adanya pertemuan tersebut akan semakin menguatkan kerjasama antara Pemda Lutra dan TNI AL sebagai mitra di dalam menjaga kedaulatan di perairan, khususnya di Kabupaten Luwu Utara. Pria yang akrab disapa Marwan ini berharap, dengan adanya kerjasama antara Pemda dan TNI AL, maka segala kegiatan yang mengarah pada kegiatan illegal fishing dan destruktif fishing dapat diminimalisir.

“Meskipun kewenangan pengawasan itu sudah beralih ke Provinsi, namun kita berharap komunikasi itu tetap berjalan, dan tentunya tetap kami sangat dibutuhkan, ”kata Marwan. Selain itu, ia juga berharap agar TNI AL sebagai mitra dapat membantu pemerintah dalam rangka pemberdayaan nelayan dan penertiban dokumen kapal yang kewenangannya ada di Provinsi melalui Cabang Dinas Kelautan yang berkedudukan di Kota Palopo.

Masih kata Marwan, pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan kesyahbandaran dalam menyikapi situasi di perairan laut dan daerah pesisir lainnya. “Tadi Danpos TNI AL yang baru berharap agar pihaknya dapat bersinergi dengan pihak Pemda Lutra di dalam membangun Kabupaten Luwu Utara dan daerah sekitarnya agar tercipta keamanan di Luwu Utara, khususnya di daerah perairan dan pesisir, ”pungasnya.(Ujungpandang Pos/Hms)