Bupati Kalatiku Dorong Kreatifitas Pemuda

oleh

UPOS, Toraja Utara– Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mendorong kaum muda lokal yang memiliki potensi energi dan daya kreativitas tinggi agar dapat terlibat aktif bersama pemerintah menjawab tantangan besarnya potensi kekayaan sumber daya Toraja Utara, khususnya sumber daya kepariwisataan yang dapat dikelola untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat .

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati setelah mendengarkan pemaparan 10 pemuda- pemudi Asean yang tergabung peserta program eMpowering Youth Across ASEAN 2019 yang diprakarsai oleh kemitraan Asean Foundation bersama Maybank Foundation di ruang kerjanya, Selasa, (19/02/19).

Terpilihnya Kecamatan Sesean Suloara sebagai lokus program eMpowering Youth Across ASEAN 2019 ini Bupati menyampaikan antusiasmenya sekaligus berharap program tersebut dapat melahirkan solusi dan gagasan kreatif baik pada aspek pemberdayaan dan promosi kepariwisataan, sekaligus mengkatalisasi semua stakeholder khususnya kaum muda di Toraja Utara untuk giat memajukan sektor pariwisata daerah.

“Dengan kehadiran program Asean Foundation di Toraja Utara ini sangat diharapkan membantu program pemerintah didalam peningkatan pariwisata di Toraja Utara, dan dalam pelaksanaannya dapat melibatkan pengelola objek wisata, masyarakat sekitar dan pemuda- pemudi di sekitar objek wisata, sehingga masyarakat di sekitar objek wisata mendapatkan ilmu dan pengembangan pariwisata, “kata Bupati.

Sebelumnya, Founder Toraja Melo Dini Yusuf Parura yang juga sebagai mitra program memaparkan kepada Bupati bahwa 10 pemuda- pemudi terbaik Asean dalam program yang bertema “Rejuvenating Torajanese Art and Culture” ( Retac) ini merupakan hasil seleksi dari 2600 orang pendaftar yang berasal dari berbagai negara di kawasan Asia Tenggara. Dipilihnya Toraja Utara sebagai lokus program Asean Foundation juga menurutnya merupakan hal yang sangat menguntungkan dan perlu didukung sebagai upaya memajukan kepariwisataan daerah.

Ke sepuluh peserta program ini lanjut Dini akan bekerja maksimal menjalankan program selama dua minggu dengan fokus pada kegiatan pemberdayaan komunitas lokal, pendidikan dan budaya di wilayah Sesean Suloara yang diharapkan nantinya dapat diterapkan pada lokasi lainnya di Toraja Utara.
Salah satu proyek inovatif yang akan dilaksanakan dalam program ini yaitu membangun Pasar Bambu di Sesean Suloara dengan tujuan agar dapat dijadikan contoh bagi keterlibatan kaum muda menciptakan objek wisata kreatif yang dapat menarik wisatawan.

‚ÄúToraja Utara sungguh beruntung mendapatkan program yang mendatangkan 10 Pemuda terbaik Asean yang akan bekerja maksimal, mempersatukan, mempromosikan serta mengembangkan potensi pariwisata Toraja, “jelas Dini.

Turut hadir mendampingi Bupati menerima kedatangan peserta program eMpowering Youth Across ASEAN 2019 tersebut yaitu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Utara, Harli Patriatno.

Diakhir pertemuan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara berkesempatan melakukan sesi foto bersama dengan peserta program eMpowering Youth Across ASEAN 2019 di pelataran Kantor Bupati Toraja Utara.

Sebagai informasi, peserta program eMpowering Youth Across ASEAN 2019 lokus Kecamatan Sesan Suloara ini merupakan perwakilan dari negara-negara anggota Asean Youths yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, Laos, Malaysia, Filipina, SIngapura, dan Vietnam yang telah mulai menjalankan programnya mulai 17 Februari 2019 lalu.

Untuk mengetahui kegiatan-kegiatan Asean Youths selama berada di Toraja Utara dapat diikuti melalui akun Instagram: @seni_toraja dan Facebook: @senitoraja.(Ujungpandang Pos/Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *